Soal Capres-cawapres, Airlangga Tiru Jokowi: Ojo Kesusu

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam acara silaturahmi KIB.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam acara silaturahmi KIB.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Wilibrodus.

VIVA - Koalisi Indonesia Bersatu yang diusung tiga partai yakni Partai Amanat Nasional, Golongan Karya, dan Partai Persatuan Pembangunan kembali melangsungkan pertemuan dalam rangka persiapan pemilihan presiden 2024 mendatang.

KIB gelar silaturahmi nasional di Jakarta, Sabtu, 4 Juni 2022.

KIB gelar silaturahmi nasional di Jakarta, Sabtu, 4 Juni 2022.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Wilibrodus.

Pertemuan ini berlangsung di Rumah Kaca Melati, Hutan Kota Pelataran, di kompleks Senayan, Jakarta Pusat. Pertemuan yang dihelat dengan tajuk "Silaturahmi Nasional" itu berlangsung pada Sabtu malam ini, 4 Juni 2022.

KIB Belum Mempersiapkan Capres-cawapres

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, dalam sambutannya sempat meniru ucapan Presiden Joko Widodo terkait calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh Koalisi Indonesia Bersatu. Airlangga menyebutkan jika perjalanan koalisi ini baru dimulai, sehingga capres dan cawapres belum dipersiapkan oleh KIB.

"Bapak presiden mengatakan, ojo kesusu (jangan terburu-buru)," kata Airlangga.

Baca juga: Airlangga: Koalisi Indonesia Bersatu Masih Terbuka untuk Partai Lain

KIB ini dibentuk setelah ketiga ketum parpol ini bertemu di Rumah Heritage, Jakarta Selatan, Kamis, 12 Mei 2022. Selain Golkar, koalisi ini melibatkan PAN dan PPP.

Airlangga Tak Singgung Soal Capres dari Golkar

Golkar sebagai anggota koalisi juga telah mengusung Airlangga sebagai calon presiden untuk Pemilu 2024 nanti. Namun, dalam pidatonya, Airlangga sama sekali tak menyinggung soal keputusan yang telah diambil Golkar itu.

Airlangga lebih banyak bicara soal koalisi, yang mana menurut dia semakin solid dan kompak. Hal tersebut terbukti dengan ditekennya kesepakatan bersama dari tiga partai anggota KIB pada malam hari ini.

"Koalisi kompak menyusun strategi menuju pemenangan pemilu 2024," katanya.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesi itu bersyukur lantaran koalisi yang dibentuk pada 12 Mei ini mendapat respons positif dari masyarakat. Ia menyampaikan kalau banyak pihak bertanya mengapa koalisi sudah dibentuk 19 bulan sebelum pemilu.

"Perlu kami tegaskan, membangun politik persatuan harus dimulai dari sekarang," kata Airlangga.

Ucapan Jokowi tersebut dilontarkan kepada relawan Pro Jokowi (Projo) pada 21 Mei lalu. Saat itu, Jokowi meminta relawan pendukungnya untuk bersabar dalam menentukan arah dukungan pada pilpres nanti.

"Urusan politik, ojo kesusu sek, jangan tergesa-gesa," ujar Jokowi dalam pidatonya.