Soal Koalisi 2024, Demokrat Serahkan ke SBY dan AHY

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) beri penghargaan ke SBY.
Sumber :
  • Dok. Demokrat

VIVA – Partai Demokrat tidak mau berspekulasi mengenai kemungkinan menduetkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal capres-cawapres di Pilpres 2024. Meski SBY dan AHY diklaim memiliki kedekatan sekaligus kapasitas dan kapabilitas untuk memimpin arus perubahan. 

Politisi Demokrat Heran dengan Narasi Oposisi yang Dideklarasikan Ganjar Pranowo

Menurut Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengatakan saat ini pihaknya memikirkan mendongkrak elektabilitas partai.

“Tugas kami adalah terus meningkatkan elektabilitas partai dan Ketum AHY,” kata Ketua Bakomstra DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra dalam keterangannya, Senin, 6 Juni 2022.

Khofifah Lebih Nyaman Berduet Dengan Emil di Pilkada Jatim, Gerindra Bahas Bersama KIM

Dia mengatakan, mengenai arah koalisi Demokrat sendiri sepenuhnya kewenangan AHY dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia menekankan dua tokoh tersebut dipercaya punya strategi untuk membangun koalisi.

”Untuk urusan koalisi, kami percayakan pada Ketua Majelis Tinggi Partai Bapak SBY dan mas Ketum AHY yang pasti sudah punya strategi untuk membangun koalisi ini,” ujarnya.

Nasdem vs PAN di Sidang Sengketa Pileg, Hakim MK: Dari Pilpres Sudah Berbeda

Ketum Demokrat AHY saat melantik pengurus DPD Demokrat Jawa Timur.

Photo :
  • Dok. Demokrat

Herzaky dan kader-kader Demokrat pada umumnya yakin bahwa pihaknya akan memperoleh koalisi yang kuat untuk berjuang bersama menghadapi Pemilu 2024.

“Tiap hari kami menangkap aspirasi perubahan dan perbaikan di tingkat akar rumput, dan kami yakin tidak ada partai politik yang mau ketinggalan dalam arus perubahan zaman ini," imbuhnya.

Pun, jelang Pemilu 2024, Ketum Demokrat AHY sudah bertemu dengan sejumlah pimpinan parpol. Minggu malam tadi, SBY bersama AHY bertemu dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Sebelumnya, AHY juga sempat bertemu dengan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto. Momen itu terjadi dalam silaturahim Lebaran Idul Fitri pada Mei 2022. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya