Soal Reshuffle, Airlangga Sebut Domain Presiden Bukan Parpol

Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, tak berbicara banyak ketika ditanyakan terkait adanya isu acak ulang atau reshuffle kabinet. Airlangga mengaku belum mendapatkan informasi apapun mengenai hal tersebut.

Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Airlangga Hartarto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

PAN Dikabarkan Masuk Kabinet

Kembali Mencuat, Golkar Tak Ingin Berandai-andai Soal Kabar Jokowi Gabung

Sebelumnya, isu reshuffle kabinet mulai muncul beberapa waktu terakhir. Bahkan dikabarkan salah satu partai yakni PAN akan masuk ke dalam kabinet.

"Itu mungkin ditanyakan Bapak Presiden. Bukan domain parpol," kata Airlangga, saat dikonfirmasi awak media di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Senin, 13 Juni 2022.

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Baca juga: Kabar Reshuffle Kabinet Pekan Ini, PAN Beri Respon

Golkar Siap Kerjasama dengan Siapapun

Namun, Airlangga mengatakan dirinya akan siap bekerja sama dengan PAN ataupun partai lainnya, baik di dalam kabinet ataupun di luar kabinet. Airlangga mengatakan sesama partai yang masuk kabinet, harus bekerja secara kompak.

"Kalau di luar kabinet siap. Dengan semua pun siap (kerja sama). Kalau kabinet kan harus kompak," ujar Airlangga.

Airlangga juga menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Presiden Joko Widodo. Menurutnya, mengenai reshuffle kabinet, semua keputusan ada di Jokowi.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno angkat bicara mengenai gencarnya isu reshuffle kabinet Presiden Joko Widodo, yang dikabarkan akan dilakukan pada Juni 2022. Pratikno mengungkapkan, jika nanti dilakukan reshuffle kabinet, hal tersebut semata-semata karena adanya upaya responsif mengatasi permasalahan yang ada.

"Kita kan fokus ini banyak sekali permasalahan yang harus ditangani secara cepat. Ekonomi global sangat dinamis. Kita harus sangat responsif," kata Pratikno di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 2 Juni 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya