Angkat Ketum di KIB Jadi Menteri, Siasat Jokowi Demi Suksesor 2024?

Presiden Jokowi saat melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan.
Presiden Jokowi saat melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan.
Sumber :
  • Twitter @jokowi

VIVA – Langkah politik Presiden Jokowi yang mengangkat Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan atau Zulhas sebagai Menteri Perdagangan jadi sorotan. Cara Jokowi ditangkap untuk kepentingan 2024.

Pakar politik, Hanta Yuda menganalisa dengan Zulhas jadi Menteri Perdagangan maka tiga ketua umum di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menjabat menteri. Dua pentolan lainnya di KIB yaitu Ketum Golkar Airlangga Hartarto menjabat Menteri Koordinator bidang Perekonomian dan Ketum PPP Suharso Monoarfa selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas.

Menurut Hanta, resminya Zulhas jadi menteri sebagai sinyal persetujuan politik untuk 2024.

"Ya, kalau dikaitkan dengan KIB, tentu kalimat yang kita gunakan kalau tidak sebagai bentuk dukungan. Paling tidak, itu sinyal persetujuan," kata Hanta dalam Kabar Petang tvOne yang dikutip VIVA, Kamis, 16 Juni 2022.

Dia menyinggung KIB yang sebelumnya menggelar silaturahmi nasional di kawasan Senayan, 4 Juni 2022 lalu. Saat itu, hadir Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan serta Ketua Umum relawan Pro Jokowi (Projo) Budi Arie Setiadi.

Hanta kemudian mengaitkan silaturahmi KIB itu yang saat ini berlanjut dengan pelantikan Zulhas oleh Jokowi di Istana pada Rabu kemarin. Bagi dia, rangkaian alur politik itu sebagai sinyal yang beda namun satu kepentingan.

Presiden Jokowi bersama Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR Hadi Tjahjanto.

Presiden Jokowi bersama Mendag Zulkifli Hasan dan Menteri ATR Hadi Tjahjanto.

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden