Mahathir Mohamad Puji Kepemimpinan Jokowi: Berjalan Sesuai Jalurnya

Mahathir Mohamad memberikan kuliah umum di Rakernas NasDem
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Hakim

VIVA – Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad memuji kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat berpidato dalam Rakernas Partai Nasdem 2022. Mahathir menilai Jokowi memimpin Negara Indonesia berdasarkan landasan sewajarnya.

Jokowi: Tilapia Fish Cultivation Has Huge Global Demand

"Alhamdulillah dari pengamatan saya, dan juga yang saya dengar, Indonesia di bawah kepemimpinan Pak Jokowi sedang berjalan di atas landasan yang sewajarnya," kata Mahathir saat pidato kehormatannya di Rakernas Partai Nasdem, Jakarta, Jumat, 17 Juni 2022.

Dalam kesempatan yang sama, Mahathir juga berbagi pemikiran mengenai pemimpin yang baik. Menurutnya, seorang pemimpin harus memiliki kepemimpinan nasional.

President Jokowi Ensures to Extend Export Permits for Freeport

Untuk mencapainya, pemimpin tersebut harus memahami pemikiran rakyatnya. Setelah itu, ia akan berempati pada nasib rakyat dan bersedia memperjuangkan masa depan mereka.

"Keputusan serta dasar yang diperkenalkan harus merangkum mayoritas masyarakat, tanpa mendahulukan kepentingan satu kelompok," kata Mahathir.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Mahathir menegaskan, kepemimpinan nasional perlu keberanian dalam membuat keputusan dan tindakan. Walaupun pahit, harus dilakukan untuk kepentingan masyarakat.

Banyak pemimpin, kata dia, yang tidak memiliki keberanian dan mencari jalan mudah. Hasilnya, rakyat akan terlena dan tanpa sadar negara juga ikut rusak. "Ketika itu, rakyat lah yang akan membayar harga yang amat mahal," tegas Mahathir.

Keberhasilan kepemimpinan Jokowi, kata Mahathir, tidak lepas dari Partai NasDem. "Pastinya, Partai Nasdem dan kepemimpinannya Bapak Surya Paloh turut berperan membantu memastikan kepemimpinan nasional Indonesia terus berbakti kepada rakyatnya supaya kemajuan yang lebih baik," ujar Mahathir

"Malaysia turut bangga apabila Indonesia mencapai kejayaan dan rakyatnya mencapai kesejahteraan hidup," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya