Elektabilitas Nol Koma di Survei, PSI Tetap Optimis Lolos ke Senayan

Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) (foto ilustrasi).
Kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) (foto ilustrasi).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Salah satu temuan survei Litbang Kompas yang terbaru terkait elektabilitas partai politik (parpol) non parlemen. Temuan survei merilis elektabilitas sejumlah parpol termasuk Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di bawah 1 persen.

Untuk PSI, elektabilitas di Survei Litbang Kompas tercatat 0,7 persen. PSI hanya selisih tipis dengan Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Garuda, dan Partai Berkarya.

Menanggapi itu, Juru Bicara PSI Sigit Widodo mengatakan pihaknya percaya dengan riset dan ilmu pengetahuan. Sebab, ia mengatakan survei sebagai alat ukur untuk memenangkan Pemilu.

"Kami mengikuti hasil semua survei dan evaluasi dari hari ke hari sebagai bagian dari strategi pemenangan di PSI," kata Sigit kepada VIVA, Selasa malam, 21 Juni 2022.

Dia menjelaskan kalau dilihat hasil survei saat ini masih beragam. Ia paham elektabilitas PSI di survei Kompas tercatat 0,7 persen dengan margin error 2,8 persen.

Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha

Ketum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha

Photo :
  • Instagram @giring

Namun, ia menangkap posisi elektabilitas PSI ada di kisaran 0-3,5 persen. Pun, menurutnya masih ada juga survei yang menyebut elektabilitas PSI di angka 4 sampai 5 persen. "Ini menunjukkan publik memberi harapan kepada PSI. Karena itu kami optimis bisa masuk ke Senayan pada Pemilu 2024," tutur Sigit.