PDIP Solo Terang-terangan Dukung Gibran Maju di Pilkada DKI Jakarta

Ketua DPC PDIP Solo yang juga mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.
Ketua DPC PDIP Solo yang juga mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)

VIVA – Dewan Pimpinan Cabang PDIP Surakarta menegaskan akan mengikuti arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tentang wacana dan dipertimbangkannya Gibran Rakabuming Raka untuk mengikuti pilkada tingkat provinsi.

"Kalau Ketua Umum PDIP menyampaikan seperti itu, artinya beliau melihat Mas Gibran ini sosok yang punya kompetensi," kata Ketua PDIP FX Hadi Rudyatmo di Solo, Selasa, 21 Juni 2022.

Ia mengatakan, jika ada kader yang dianggap memiliki kemampuan pasti akan direkomendasikan untuk maju pada pemilihan kepala daerah. Gibran saat ini adalah wali kota Surakarta.

"Nah tinggal di mana, DKI Jakarta apa Jawa Tengah. Pada prinsipnya, bagi saya, ketika Ketua Umum merekomendasikan A, ya itu A yang kami jalankan dan menangkan," katanya.

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Mengenai dukungannya terhadap Gibran secara pribadi, ia hanya ingin taat pada keputusan Megawati Soekarnoputri. Jika Megawati merekomendasikan Gibran maju di pilkada Jawa Tengah, PDIP Solo akan patuh dan menjalankan perintah itu.

Meski demikian, ia mengakui beberapa waktu lalu mengungkapkan dukungannya terhadap Gibran untuk maju ke pilkada DKI Jakarta. "Kalau bertarung secara umum lebih enak di DKI Jakarta dibandingkan Jateng."