Megawati Jawab Kapan PDIP Deklarasikan Capres: Masih 2 Tahun

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Rakernas PDIP
Sumber :
  • PDIP

VIVA – Di penutupan Rakeras PDI Perjuangan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sempat menyinggung masalah Capres 2024. Mengingat, menurut dia banyak juga yang bertanya kapan partai itu akan mengumumkan capres.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Menjawab itu, Megawati mengatakan bahwa soal capres-cawapres PDIP belum akan terburu-buru untuk menyampaikan siapa yang akan diusung di Pilpres 2024.

"Tentu semua berpikir kenapa ibu (Megawati) sudah banyak pertanyaan kapan mau mendeklarasikan capres dan cawapres. Ya sabar lah sedikit," kata Megawati, dalam pidatonya, Kamis 23 Juni 2022. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Beberapa partai sudah terang-terangan mendeklarasikan sosok-sosok yang akan mereka usung. Nasdem sudah mengajukan tiga nama, Gerindra masih dengan Prabowo Subianto, PKB dengan Ketum Muhaimin Iskandar, atau Golkar yang masih memutuskan Airlangga Hartarto sebagai capres.

PDIP kata Megawati, masih belum akan mengumumkan. Berdasarkan amanat dari kongres partai tersebut, maka yang memiliki prerogatif menentukan capres adalah Ketua Umum Megawati sendiri.

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

"Orang waktunya masih 2 tahun lah, ya boleh dong saya umpetin aja terus," kata dia.

Megawati mengatakan, puluhan tahun ia terjun di politik sejak 1986, ia bisa mengambil kesimpulan bahwa menjadi Presiden atau pejabat sebenarnya sudah ada aturannya. Tapi yang menjadi pertimbangan besar adalah mencari sosok yang bisa menjadi pemimpin.

"Jadi akhirnya saya membuat kesimpulan menjadi Presiden itu sebetulnya mudah karena apa saya menyatakan dari pejabat sampai Presiden karena aturannya sudah dibuat. Tetapi yang sering saya renungkan adalah mencari sosok pemimpin," jelas Megawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya