Konflik di PPP Diduga Upaya untuk Gemboskan KIB

Partai Persatuan Pembangunan. Foto ilustrasi.
Partai Persatuan Pembangunan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Dok. PPP.

VIVA – Prahara yang terjadi di internal Partai Persatuan Pembangunan atau PPP diduga didalangi pihak eksternal dengan memanfaatkan kader PPP. Tujuannya untuk menggemboskan partai berlambang Kabah tersebut.

Analis politik, Ahmad Rijal Ilyas menilai tuntutan agar Suharso Monoarfa mundur dari kursi Ketua Umum PPP juga untuk menurunkan eksistensi PPP dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Dia menganalisa sejak tahun lalu, Suharso sudah digembosi dengan isu-isu sensitif yang tak cocok diumbar ke publik. 

"Internal rumah di bawa keluar tapi itu lah upaya-upaya tersebut yang dilakukan orang-orang yang menginginkan PPP ini lemah," kata Ahmad di kawasan Jakarta Pusat, Senin 27 Juni 2022.

Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dalam acara silaturahmi KIB, Sabtu, 4 Juni 2022.

Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dalam acara silaturahmi KIB, Sabtu, 4 Juni 2022.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Wilibrodus.

Ahmad juga menganalisa ada upaya-upaya memperlemah PPP ini yang berkaitan dengan solidnya KIB. PPP dianggap sebagai parpol yang mudah disusupi dan diperlemah ketimbang Golkar dan PAN.

"Golkar tak mungkin tergoyahkan. PAN tetap manut apa kata ketua umum, jarang gejolak PAN terjadi. Tapi, PPP itu punya pengalaman momentum-momentum polemik goyahnya PPP itu sudah tahu," jelasnya.

"Jadi, orang-orang yang tidak menginginkan koalisi Indonesia Bersatu itu solid mau nggak mau larinya ke PPP," ujarnya.