Anggota DPR: Langkah Jokowi Temui Putin dan Zelensky Permulaan Positif

Presiden Jokowi dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin, Moskow
Sumber :
  • Kremlin.ru

VIVA – Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno menilai pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden Ukraina Zelensky, kemudian Presiden Rusia Vladimir Putin, dapat menjadi sebuah permulaan positif. Dengan catatan, negara-negara Barat juga bersedia mengubah kebijakan dan sikap politik luar negerinya. 

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Sebab konflik yang terjadi di kawasan timur Eropa ini merupakan sebuah akumulasi dari beragam persoalan yang terjadi di kawasan tersebut. 

"Yang kita harapkan ini, Presiden bisa membangun komunikasi antara Zelensky dan Putin. Negara-negara Barat juga bisa mengurangi egonya, sehingga menurunkan tensinya,” kata Dave dikutip Minggu, 3 Juli 2022.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Negara G7 Seperti Ingin Jokowi Menjadi Juru Damai 

Presiden Jokowi dan Presiden Zelensky

Photo :
  • Istana Kepresidenan/Agus Suparto via Sekretariat Kabinet
Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Untuk itu, Dave menyebut pertemuan ini memiliki pesan krusial, tidak hanya bagi Indonesia, karena negara-negara Barat juga berharap Jokowi dapat menjadi jembatan komunikasi di antara kedua negara di tengah kenyataan sedikit negara yang dapat menjadi mediator.

“Di sini terlihat dari bahasa tubuh banyak pemimpin negara G7 kemarin bahwa diharapkan Presiden ini dapat menjadi juru damai," kata Dave.

Politisi Golkar ini menambahkan, pertempuran yang terjadi antara Rusia dan Ukraina tidak hanya mengganggu stabilitas regional, melainkan juga berdampak terhadap krisis pangan dan energi global. Indonesia pun merasakan dampaknya, terlihat dari persoalan naiknya harga bahan bakar minyak (BBM), pangan, dan beban subsidi pemerintah terhadap sektor energi.

“Subsidi pemerintah terhadap energi sangat besar, bahkan mencapai Rp500 Triliun,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya