Tekankan Koalisi Inklusif, Airlangga Undang Partai Lain Gabung KIB

Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)--yang terdiri dari Partai Golkar, PAN, dan PPP--belum membicarakan apalagi menentukan siapa yang akan diusung sebagai calon presiden pada pemilu tahun 2024. Sejauh ini, partai-partai yang tergabung dalam KIB masih membahas visi dan misi.

Golkar Tepis Isu Istri Ridwan Kamil Mundur dari Bursa Pilkada Kota Bandung

"Kita masih akan ada pembahasan mengenai visi misi ke depan, jadi masih akan membahas itu," kata Airlangga di Kantor Kepresidenan RI, Jakarta, Senin, 4 Juli 2022.

Pria yang juga menjabat sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian ini juga mengatakan, KIB merupakan koalisi yang inklusif sehingga "terbuka terhadap partai partai lain dan komunikasi masih terus berjalan".

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Airlangga Hartarto, Suharso Monoarfa, dan Zulkifli Hasan (kanan) saat bertemu di Jakarta

Photo :
  • Istimewa.

Ketua Umum Golkar, Ketua Umum PAN dan Ketua Umum PPP telah bersepakat untuk berkoalisi guna mengarungi Pemilihan Umum Presiden pada 2024. Koalisi tersebut diberi nama Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

KIB bisa dikatakan telah mengantongi tiket untuk mencalonkan presiden karena kursi di Parlemen yang dimiliki ketiga partai ini sudah melebihi ambang batas presidential threshold. Golkar dengan 12,31 persen kursi, PAN 6.84 persen kursi, dan PPP 4,53 persen kursi. Total kursi yang dimiliki KIB sebesar 23,67 persen, jauh di atas ambang batas presidential threshold sebesar 20 persen kursi DPR.

Presiden Jokowi dan Megawati Sukarnoputri saat di acara HUT PDIP ke-50.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

PDI Perjuangan tidak mau ambil pusing soal pernyataan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto yang menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024