Gerindra Sebut Cawapres Prabowo Sudah Ada tapi Masih Dirahasiakan

Ketua Harian DPP Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad
Sumber :
  • VIVA/Anwar Sadat

VIVA Politik – Ketua Harian Dewan Pimpinan Pusat Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa partainya akan mengumumkan nama sang ketua umum, Prabowo Subianto, sebagai calon presiden dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) pada akhir Juli 2022.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

"Ya. kami akan Rapimnas pada akhir Juli, nanti setelah Rapimnas kita akan mengukuhkan Pak Bowo sebagai capres dari Partai Gerindra," kata Dasco dalam keterangannya di Gedung DPR RI, Rabu, 6 Juli 2022.

Dasco juga menyampaikan kecocokan Prabowo dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang digadang-gadang sebagai calon wakil presiden. Namun dia belum berani berbicara lebih jauh soal itu karena ada aturan dan mekanisme yang harus dipatuhi. "Tapi kalau kemarin kita bilang bahwa sudah ada yang kita kantongi, ya, betul, itu sudah ada," ujarnya.

PKB Bakal Usung Ida Fauziyah-Hasbialla Ilyas di Pilkada DKI

Dasco kembali membeberkan alasan bahwa dia belum bisa berbicara banyak mengenai rumor Cak Imin akan menjadi cawapres berpasangan dengan Prabowo. Perihal itu belum tepat untuk dibicarakan atau diumumkan sekarang, katanya. Tetapi pada waktunya nanti Gerindra akan menyampaikan kepada publik.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto bertamu Ketua Umum PKB Muhaimin Islandar.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Anisa Aulia
Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Wakil Ketua DPR itu juga menjelaskan bahwa figur cawapres yang akan dipasangkan dengan Prabowo bisa lebih dari satu orang. Itu bersifat situasional yang sejalan dengan dinamika politik.

Elite Partai Gerindra dan PKB kembali melakukan pertemuan untuk membahas Pemilu 2024 termasuk koalisi pemilu presiden. Gerindra-PKB sebelumnya menginisiasi pembentukan koalisi dini bernama Kebangkitan Indonesia Raya (KIR).

Dalam pertemuan di Jakarta Pusat, hadir Sufmi Dasco Ahmad, dan beberapa petinggi Gerindra, di antaranya Sekretaris Jenderal Ahmad Muzani dan Wakil Ketua Umum Sugiono. Dari PKB ada Sekretaris Jenderal Hasanudin Wahid, Wakil Ketua Umum Jazilul Fawaid, dan Wakil Sekretaris Jenderal Syaiful Huda.

Koalisi PKB-Gerindra pun mengaku juga sudah mengantongi beberapa nama untuk dipasangkan sebagai cawapres dengan Prabowo yang maju pada pemilu 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya