Muncul Isu Tolak Capres Non Parpol, PKS: Kami Cari yang Potensi Menang

Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi dan kader PKS (Foto ilustrasi).
Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi dan kader PKS (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik - Sekretaris Jenderal DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Aboebakar Alhabsyi menyebut ada wacana di DPR menolak capres yang bukan kader partai politik atau parpol. Menurut Habib Aboe, sapaanya, isu itu hangat tapi bahaya.

Terkait itu, Juru Bicara DPP PKS, Pipin Sopian menjelaskan maksud konteks pernyataan Habib Aboe. Dia mengatakan isu tolak capres non parpol merupakan obrolan antar fraksi di DPR. Pipin bilang bisa saja isu itu benar terjadi.

"Beliau menyampaikan bahwa konteksnya, ada itu yang berkembang sebagaimana terjadi isu wacana tiga periode. Waktu itu juga santer kan di DPR ada isu tiga periode. Dan, itu ketika bermunculan banyak yang kontra dengan itu. Termasuk dengan PKS dan isu ini," kata Pipin dalam Kabar Petang tvOne yang dikutip pada Jumat, 8 Juli 2022.

Penghitungan surat suara Pilpres 2019 (Foto ilustrasi).

Penghitungan surat suara Pilpres 2019 (Foto ilustrasi).

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia menjelaskan PKS dalam sikap politiknya mencari sosok capres yang memiliki kapasitas menang hingga punya kemampuan memimpin. Selain itu, figur capres yang didukung PKS punya integritas dan punya jiwa nasionalisme dan Pancasilais.

Menurutnya, rasional parpol mendukung kanididat yang punya peluang untuk menang dalam pemilu.

"Yang kedua, mereka berpotensi menang, Artinya ya didukung oleh masyarakat. Nah, pada titik ini partai politik akan selalu rasional melihat siapa sosok yang disukai dan akan dipilih oleh masyarakat," tutur Pipin.

Halaman Selanjutnya
img_title