Survei Capres 2024: Ganjar Dipilih karena Merakyat, Anies Cerdas

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Lembaga survei Parameter Politik Indonesia merilis riset terbarunya terkait peta politik Pilpres 2024. Dari survei Parameter Politik, tiga nama yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan jadi kandidat teratas.

Habiburokhman: Jangan Ada Pihak yang Memecah Relawan dengan TKN Prabowo-Gibran

Ketiga tokoh itu dinilai sebagai jadi kandidat terkuat capres 2024. Dalam data survei, Ganjar meraih 30,0 persen, Prabowo Subianto dengan 24,4 persen dan Anies 20,7 persen. Ketiganya berhasil mengalahkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. 

Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno menyatakan terdapat sejumlah faktor yang jadi aspek utama dalam memilih kandidat capres. Tiga aspek itu meliputi psikologis 52,7 persen, rasional 30,1 persen dan sosiologis 2,2 persen. 

Jubir Jelaskan Maksud Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic' ke Pemerintahan

"Dalam pemilihan ada yang kita sebut preferensi rasional, yang melihat kinerja sosok kepemimpinan yang baik dan bisa memimpin Indonesia. Kedua, aspek psikologis dan sosiologis," kata Adi dalam paparannya secara virtual, Selasa, 12 Juli 2022.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno
Cerita Zulhas Sempat Tolak Gibran Jadi Cawapres Prabowo, Maunya Erick Thohir

Dia menyebut untuk Ganjar Pranowo, paling banyak dipilih lantaran memiliki kinerja yang baik dan dianggap dekat dengan rakyat. 

"Kinerjanya itu terbukti sesuai dengan hasil 26,2 persen, Ganjar dinilai merakyat dan menganggap Ganjar baik. Itu yang membekas di hati para pemilih Ganjar," ujarnya.

Sementara itu, para responden memilih Prabowo Subianto sebagai kandidat kedua terkuat dalam kontentasi Pilpres lantaran tegas, berani, dan disipilin. Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra itu dianggap bisa memimpin Indonesia menjadi lebih baik.

"Prabowo karena aspek ketegasannya, yang membekas bagi pemilih karena dia tegas, berani dan disiplin. Artinya ada orang yang ingin latar belakang Prabowo di bidang militer ini untuk menjadi capres," ujarnya.

Kemudian, kata Adi, alasan responden memilih Anies sebagai kandidat ketiga terkuat karena eks Mendikbud itu dinilai pintar dan cerdas. Anies selama kepemimpinannya juga dinilai memiliki reputasi kinerja yang sangat baik.

"Anies, apa alasan mereka memilih? Yang buat mereka konsisten memilih karena Anies punya kinerja yang baik, diyakini sebagai pemimpin yang kinerjanya terbukti, kinerjanya baik dan dia merupakan pemimpin yang pintar dan cerdas. Nah, itu motif-motifnya," ujar Adi.

Survei Parameter Politik Indonesia ini menggunakan metode simple random sampling lewat kuesioner yang melibatkan 1.200 responden. Survei ini dilakukan pada waktu 15-29 Juni 2022 dengan responden penduduk di atas 17 tahun atau sudah menikah. 

Tingkat kepercayaan survei ini sebesar 95 persen dengan margin of error kurang lebih 2,9 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya