Jokowi Tunjuk Mahfud MD Jadi Plt MenPAN-RB

Menko Polhukam Mahfud MD.
Sumber :
  • Instagram @mohmahfudmd

VIVA Politik - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud Md sebagai Plt Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Penunjukkan tersebut terhitung sejak tanggal 16 Juli 2022 sampai dengan diangkatnya Menteri PANRB definitif.

JK Sebut Golkar Partai Terbuka, Tak Masalah Jika Jokowi-Gibran Gabung

Pengangkatan ini tertuang dalam Keputusan Presiden No. 75/2022 tentang pemberhentian dan penunjukkan pelaksana tugas, wewenang, dan tanggungjawab MenPAN-RB Kabinet Indonesia Maju Periode (KIB) tahun 2019-2024.
 
Sekretaris Kementerian PANRB Rini Widyantini membenarkan penunjukkan tersebut. "Benar Pak Mahfud Md ditunjuk sebagai Plt. Menteri PANRB hingga terpilihnya Menteri PANRB definitif," ujar Rini di Jakarta, Jumat, 15 Juli 2022.

Langkah penunjukan Mahfud ini karena posisi MenPAN-rb kosong sejak Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022. 

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Saat Tjahjo menjalani perawatan di rumah sakit, Mahfud Md juga sempat ditunjuk Jokowi sebagai Menteri PANRB ad interim sejak 24 Juni hingga 3 Juli 2022. 

Selanjutnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian ditunjuk sebagai Menteri PANRB ad interim sejak 4-15  Juli 2022. Penunjukan Tito itu tertuang dalam surat B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Sebelumnya, kasak kusuk pengganti Tjahjo mencuat ke publik. Sejumlah nama dari kader PDI Perjuangan (PDIP) dispekulasikan menggantikan Tjahjo.  Beberapa nama itu antara lain Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, hingga Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah. 

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan Temui Presiden Jokowi

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Menteri Luar Negeri Singapura, Vivian Balakrishnan, datang ke Istana Negara untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), pada Jumat, 26 April 2024. Menteri Luar Ne

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024