Ada Makna di Balik Kehadiran Prabowo di Pernikahan Anak Anies

Prabowo Subianto saat menghadiri pelantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA Politik – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto terlihat hadir pada resepsi pernikahan putri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di aula Candi Bentar, Putri Duyung Resort Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Jumat, 29 Juli 2022.

Hipmi Sebut Capaian Ekonomi Kuartal I Jadi Modal Baik Hadapi Tantangan Global

Terkait kehadiran Ketua Umum Partai Gerindra itu, pengamat politik IndoStrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam, menilai kehadiran Prabowo di pernikahan Mutiara dan Ali merupakan wujud sikap kedewasaan berpolitik.

Pernikahan Putri Anies Baswedan

Photo :
  • Istimewa
Wapres Ma’ruf Amin Berharap Kabinet Prabowo-Gibran Diisi Kalangan Profesional

"Saya kira itu menunjukkan sikap kedewasaan Prabowo, sekaligus menunjukkan kenegarawanan Prabowo. Meskipun Anies potensial menjadi rival di Pilpres 2024," kata Arif, dikutip Antara, Minggu 31 Juli 2022.

Arif menilai Prabowo hingga kini tidak menunjukkan adanya ketegangan hubungan dengan Anies yang diprediksi maju pada Pilpres 2024.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Dia mengatakan, Prabowo berjasa besar terhadap karir politik Anies di Pilkada DKI Jakarta 2017. Secara etika, menurut Arif, Anies sepatutnya sadar dan paham dengan hal itu.

Anies Baswedan memeluk putrinya Mutiara pada hari pernikahan

Photo :
  • Instagram Anies Baswedan

"Padahal kami tahu, Anies dulu dalam Pilpres 2014 kontra terhadap Prabowo selain bukan kader partai Gerindra," kata Arif.

Secara etika, kata dia, semestinya Anies kukuh dengan komitmen bahwa dia tidak akan menjadi salah satu orang yang mengkhianati Prabowo dengan tidak maju menjadi bakal capres apabila Prabowo maju sebagai capres.

"Hanya saja, bisa jadi Anies karena ambisi politiknya melupakan etik tersebut," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya