Airlangga Pastikan KIB Daftar Bareng ke KPU Pekan Depan

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (ketiga kiri) berbincang dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (ketiga kanan) dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa (kedua kiri) didampingi jajaran pengurus partai saat mengelar pertemuan di Jakarta, Kamis, 12 Mei
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengungkapkan tiga partai politik di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yakni Golkar, PPP dan PAN bakal melakukan pendaftaran secara bersama ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu, 10 Agustus 2022. Selain itu, KIB juga bakal berkumpul dalam suatu kegiatan bersama di Surabaya, Jawa Timur pada 14 Agustus 2022.

Hakim Arief Heran Tanda Tangan Surya Paloh Berbeda di KTP dengan Surat Kuasa

"Yang pertama KIB agendanya mendaftar bersama. Jadi tanggal 10 kita akan melakukan pendaftaran partai politik secara bersama," kata Airlangga saat menghadiri acara ulang tahun Forum Pemred di Hotel Raffles, Jakarta, Jumat, 5 Agustus 2022. 

Penghitungan surat suara Pemilu 2019. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
AHY Ungkap Pembagian Jatah Menteri Kabinet Prabowo-Gibran Sudah Dibahas

Airlangga tidak berkomentar banyak mengenai calon yang bakal diusung KIB di Pilpres 2024. Kendati begitu, ia berharap agar melalui Forum Pemred, media menghadirkan narasi yang positif terkait menjelang Pemilu 2024.

"Dan tentu politik yang mempersatukan itu adalah hal yang sangat baik dan kita harus jaga karena situasi hari ini adalah situasi yang tidak normal," kata Airlangga.

Hakim Arief Tegur Keras Caleg yang Ikut Sidang via Daring di Dalam Mobil

Menurut Airlangga, masih banyak tantangan sehingga perlunya narasi optimisme kepada masyarakat.

"Jadi kalau ini kita dorong optimisme berjalan. Nah, momentum ini tidak keluar dua kali, terutama kita lihat negara lain juga tantangannya banyak maka tentu kerja sama dengan para pemred tidak pernah lebih penting dari hari ini," kata Menko Perekonomian ini

Ilustrasi partai antarkan berkas untuk verifikasi Pemilu 2014 di KPU

Photo :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional Yandri Susanto menyatakan bahwa KIB semakin solid dengan mendaftar bersama ke KPU pada pekan depan. Yandri menyebut partai yang tergabung dalam KIB akan mendaftar sebagai calon peserta Pemilu Serentak 2024 pada Rabu, 10 Agustus 2022, Pukul 10.00 WIB. 

Secara umum, kata dia, masing-masing partai sudah mempersiapkan surat pendaftaran dan dokuemen-dokumen pendaftaran melalui Sipol.

Lebih lanjut, Yandri juga memastikan bahwa PAN akan langsung dipimpin oleh Ketum Zulkifli Hasan atau Zulhas saat mendaftar ke KPU. Zulhas, kata dia, akan didampingi oleh Sekjen, Bendum dan Wakil Ketua Umum dan jajaran DPP PAN lainnya.

"Kemudian ada hampir semua anggota DPR akan ikut mengantarkan Ketua Umum ke KPU untuk mendaftarkan PAN sebagai peserta pemilu," kata Yandri

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya