AHY: Negara Tidak Boleh Dibuat Main-main

Ketua Umum PartaI Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono
Ketua Umum PartaI Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono
Sumber :
  • Dok. Demokrat

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyoroti masalah terhambatnya anggaran untuk Komisi Pemilihan Umum dari Kementerian Keuangan yang akan memengaruhi kelangsungan penyelenggaraan pemilu tahun 2024.

“Tentu kita mendorong agar alokasi anggaran negara untuk penyelenggaraan pemilu benar-benar bisa dipersiapkan dengan matang,” kata AHY di kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Agustus 2022.

Dia mengingatkan, bagaimanapun kualitas pemilu sangat ditentukan oleh sumber daya dan kesiapan anggaran yang memadai.

Jangan sampai terjadi penundaan pemilu 2024 karena masalah anggaran, katanya. "Itu enggak boleh terjadi. Dari awal Demokrat menegaskan bahwa negara tidak boleh dibuat main-main. Artinya, demokrasi ini harus kita jaga bersama dan jangan supaya menunda, apalagi memperpanjang kekuasan, tanpa melalui pemilihan umum yang demokratis.”

Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu. (Foto ilustrasi)

Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD sebelumnya menegaskan, pemerintah akan mengawal Pemilu 2024 dengan sebaik-baiknya, termasuk ketersediaan anggaran, yang sempat dikeluhkan oleh KPU. 

Mengenai persiapan pemilu 2024, menurut Mahfud, semua yang diperlukan, termasuk instrumen hukum, anggaran, kelembagaan, dan penjadwalan, sudah dibicarakan dengan KPU, DPR, dan Bawaslu.