Relawan: Capres Pilihan Jokowi Tak Jauh dari Prabowo, Ganjar, Anies

Unggah foto saat nober Formula E, Anies ucapkan ulang tahun ke Jokowi
Sumber :
  • Instagram: Anies Baswedan

VIVA Politik - Ketua Dewan Pengarah Musyawarah Rakyat atau Musra Indonesia Relawan Jokowi, Andi Gani Nena Wea, datang ke Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 8 Agustus 2022. Andi mengatakan datang ke Istana untuk memenuhi undangan kepada Jokowi agar bisa hadir dalam acara Musra pada 28 Agustus nanti.

9 Calon Anggota Pansel Capim KPK, 5 dari Unsur Pemerintah dan 4 Masyarakat

Dia mengatakan, Jokowi saat ini belum memilih siapapun untuk didukung sebagai capres pada 2024 mendatang. Andi bilang Jokowi sejauh ini dekat dengan sejumlah nama tokoh yang digadang-gadang maju sebagai capres 2024 seperti Prabowo Subianto hingga Ganjar.

"Presiden dekat dengan siapa pun. Bisa dengan Pak Prabowo. Saya tegaskan karena kenal Pak Jokowi sejak dari Solo saya mengerti betul gesture beliau. Dengan Pak Ganjar apa kurang dekatnya? Dengan Mbak Puan juga ke mana-mana sama Mbak Puan. Jadi, presiden itu sangat memberikan ruang kepada semua calonnya," kata Andi di Istana Kepresidenan, Senin, 8 Agustus 2022.

Eskalasi Konflik Timur Tengah Memuncak, Industri Hulu Migas Jadi Harapan RI

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto temui Presiden Jokowi (kiri).

Photo :
  • Istimewa

Menurut dia, sejauh ini ada 3 nama yang kemungkinan akan mendapatkan dukungan dari Jokowi. Dia bilang, tiga nama bakal capres tersebut adalah sosok yang sering menempati posisi tiga teratas dalam survei nasional, yakni Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dukung Presidential Club Ala Prabowo, Zulhas: Ide Bagus, Kepentingan Merah Putih

"Oh tentu, kan tiga teratas kita tahu Pak Ganjar, Prabowo dan Anies. Hasilnya pun kita tidak tahu, tetapi pasti kan tidak jauh dari situ," kata Andi

Pun, dia memprediksi nama yang akan maju di Pilpres 2024 tak akan jauh dari nama-nama yang menempati urutan teratas survei nasional. Maka itu, Andi memprediksi Jokowi akan mendukung salah satu dari yang memiliki eklektabilitas tinggi itu.

"Feeling saya gitu. Kan kita jujurlah tidak mungkin dari peringkat 9 loncat ke nomor satu kan, nggak mungkin juga. Nanti kita lihat konfigurasi daerahnya," sebut Andi.

Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Cilacap

Photo :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Dia bilang untuk konfigurasi daerah, bisa saja capres nomor 6 di survei menjadi nomor 1 di wilayah kelahirannya. "Seperti di Jabar misalnya Pak Ridwan Kamil tinggi. Nah, bisa saja tergantung wilayah yang dia kuasai saat ini," ujarnya

Meskipun ia memprediksi Jokowi akan memilih capres yang elektabilitasnya tinggi, mamun saat ini belum ada nama tokoh yang disebut Jokowi untuk didukung. Sejumlah nama tersebut, harus terus bekerja dan mampu meyakinkan Jokowi untuk dapat mendukungnya.

"Tinggal calon-calon itu memanfaatkan secara maksimal kedekatan dengan Presiden. Jadi, kalau misalnya sudah memilih Prabowo, saya yakin, saya yakin belum," kata Andi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya