KIB Dorong Pilpres Lebih Dari 2 Capres-Cawapres

Politisi PPP, Arsul Sani.
Sumber :
  • VIVA/Eduward Ambarita

VIVA Politik – Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digagas oleh Golkar, PPP dan PAN, terus mendorong supaya Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 tidak hanya diikuti dua orang pasangan calon.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

Belajar dari dua pilpres sebelumnya, yakni Pilpres 2014 dan Pilpres 2019. Hal ini, diklaim untuk menghindari pergolakkan politik saat dan setelah pesta demokrasi tersebut dilakukan.

“KIB itu pertama memang kami juga ingin mendorong pilpres itu sebisa mungkin tidak diikuti oleh dua pasang calon. Kenapa? Karena kita sekali lagi sudah belajar dari dua pilpres terakhir kalau dua pasang calon maka pengelolaan politik identitasnya sangat sulit sekali,” kata Wakil Ketua Umum PPP, Asrul Sani kepada wartawan, Selasa, 9 Agustus 2022.

Prabowo Siap Buktikan Janji Kampanye Makan Siang Gratis, Termasuk di Aceh dan Sumbar

Meski belum diputuskan siapa capres dan cawapres dari KIB, ungkap Asrul, jika Gerindra dan PKB jadi berkoalisi dan mengusung Capres pada 2024, maka KIB kemungkinan besar bakal menambah capres dan cawapres yang ada.

Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di KPU.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari
Nasdem vs PAN di Sidang Sengketa Pileg, Hakim MK: Dari Pilpres Sudah Berbeda

“Kalau katakanlah nanti Gerindra berkoalisi dengan PKB. Kemudian kami ada KIB itu pasti akan ada satu lagi (calon), jadi itu harapan itu Insha Allah akan terpenuhi,” kata Asrul.

Diketahui, berdasarkan syarat ambang batas pencalonan Presiden, hanya PDIP yang pada Pilpres 2024 bisa mengusung langsung capres tanpa harus berkoalisi dengan parpol manapun. Kendati begitu PDIP belum memutuskan mengenai ini.

Sementara Partai Gerindra semakin mesra dengan PKB, terlihat dari komunikasi politik kedua partai dan pendaftaran bersama ke KPU Senin kemarin.

Adapun PPP, Golkar dan PAN yang tergabung dalam KIB, rencana mendaftar bersama ke KPU RI pada Selasa, 9 Agustus 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya