Airlangga: Golkar Masih yang Menang Terbanyak di Pemilu

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan partai politik atau parpol dipimpinnya masih merupakan yang terbanyak meraih juara Pemilu. Dia menekankan Golkar sudah mengikuti lebih dari 10 kali ajang Pemilu. 

Serius Bangun Koalisi di Pilkada Semarang, Golkar dan PKS Buka Pintu untuk Parpol Lain

Menurut Airlangga, partainya masih berada di posisi teratas dalam jumlah meraih kemenangan Pemilu di Tanah Air.

"Partai Golkar sudah ikut pemilu sudah lebih dari 10 kali. Dan, pemilu di Indonesia sudah berjalan 13 kali. Tentu dari jumlah Pemilu itu, jumlah yang dapat bintang. Artinya menang terbanyak masih Partai Golkar," kata Airlangga di kantor KPU RI, Rabu 10 Agustus 2022.

243 Bakal Calon Kepala Daerah Daftar ke Golkar Sumut untuk Bertarung di Pilkada 2024

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dia mengaku mendukung penuh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pemilu yang turut memberikan pelayanan terbuka kepada masyarakat serta parpol. 

Golkar Bertemu PKS, Peluang Koalisi di Pilkada Sumatera Utara Terbuka?

"Tentu Golkar terus berupaya, agar pemilu bisa berjalan secara jujur dan adil. Dan, tentu tidak hanya di tingkat pusat tapi sampai ke seluruh Indonesia," ujarnya. 

Untuk diketahui, Golkar yang bagian Koalisi Indonesia Bersatu (KIB)  daftar bareng ke KPU bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain Airlangga, Ketum PAN dan PPP yaitu Zulkifli Hasan serta Suharso Monoarfa juga hadir di KPU. Mereka ditemani elite pengurus masing-masing parpol serta massa pendukungnya.

Adapun pencapaian di Pemilu 2019, Golkar gagal meraih juara. Saat itu, Golkar meraih suara 17.229.789 atau 12,31 persen. Terakhir Golkar berjaya saat Pemilu 2004. Ketika itu, Golkar dipimpin Akbar Tanjung mampu di urutan teratas dengan meraih 24,4 juta suara atau 21,58 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya