Gerindra Siap Kukuhkan Prabowo Capres, Cawapresnya Belum Ditentukan

Rapimnas Gerindra di Sentul dihadiri Prabowo Subianto.
Sumber :
  • istimewa/Edwin Firdaus

VIVA Politik - Partai Gerindra agendanya akan mengukuhkan ketua umumnya, Prabowo Subianto sebagai bakal capres 2024 dalam forum Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Jawa Barat. Agenda selanjutnya pada Sabtu besok, ada deklarasi Gerindra koalisi dengan PKB.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Kalau Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan dalam koalisi antara PKB dengan Gerindra akan diteken piagam deklarasi dua parpol itu.

“InsyaAllah besok acara utama adalah acara deklarasi antara Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk meneken Piagam Deklarasi kedua partai,” kata Sufmi, Jumat, 12 Agustus 2022.

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat di KPU.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Dasco menjelaskan, meski deklarasi antara Gerindra-PKB diumumkan tapi untuk cawapres belum ditentukan. 

Gerindra Pastikan Prabowo Tak Bicara Kursi Menteri saat Bertemu Surya Paloh

Dia mengatakan Rapimnas Gerindra adalah forum untuk menyerap aspirasi kader yang menginginkan Prabowo Subianto diusung sebagai capres dari Gerindra. 

"Jadi begini, kalau bicara program, karena ini nantinya koalisi. Dalam AD/ART Partai Gerindra itu tahapan-tahapannya ada, bahwa kemudian proses pencapresan ini harus dilakukan dulu di Rapimnas. Dan, ditetapkan sebagai calon presiden," jelas Dasco yang juga Wakil Ketua DPR tersebut.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar usai mendaftarkan partai mereka ke KPU RI di Jakarta Senin, 8 Agustus 2022.

Photo :
  • ANTARA/Boyke Ledy Watra

Pun, terkait hal-hal lain menyangkut masalah cawapres kemudian akan ditetapkan dalam satu forum yang sudah ditetapkan dalam AD/ART usai rapimnas.

Menurut Dasco, pihaknya akan membahas cawapres dalam forum bareng parpol lain. 

“Kapan waktunya, kita akan sepakati dengan partai-partai koalisi untuk kemudian kita akan bicarakan di forum tersebut," tuturnya.

Rencananya, dalam deklarasi Gerindra-PKB di SICC, Sentul, Bogor,  pada Sabtu besok akan dihadiri elite dan pimpinan PKB. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dijadwalkan hadir. 

“Iya kami jajaran pengurus PKB datang bersama Ketua Umum Gus Muhaimin Iskandar,” ujar Ketua DPP PKB Lukmanul Khakim saat dikonfirmasi VIVA, Jumat, 12 Agustus 2022.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya