Pertarungan Airlangga dan Prabowo di Pilpres Disebut Akan Kompetitif

Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • Eduward Ambarita

VIVA Politik - Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRP-BRIN) Wasisto Raharjo Jati mengatakan Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto selangkah lebih maju untuk menjadi capres definitif. Sebab, keduanya telah dicalonkan oleh partainya masing-masing.

Pengamat Ingatkan Prabowo Bahaya Politik Merangkul yang Kebablasan

Kaki Sudah Maju Selangkah

"Partai masih menjadi penentu akhir bagi figur yang hendak dicapreskan. Terlebih lagi bagi ketua umum sebuah parpol besar, maka kakinya sudah maju selangkah dalam nominasi capres definitif. Artinya seberapa populer seorang figur namun tidak punya tiket nominasi dari partai politik dan koalisinya, maka akan  sulit," kata Wasisto saat dihubungi, Jumat, 19 Agustus 2022.

Ini Harapan Industri Hulu Migas RI ke Prabowo Sebagai Presiden RI Selanjutnya

Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto.

Photo :
  • Eduward Ambarita

Berjalan Kompetitif

Luhut Wanti-wanti Prabowo Gak Bawa Orang Toxic, Ketum Projo: Itu Nasihat yang Bagus

Wasisto mengatakan jika nanti keduanya akan bertarung di Pilpres 2024 persaingan akan berjalan kompetitif. Alasannya, keduanya berasal dari dua partai besar dan terlebih kini juga menjabat pos kementerian penting.

Meski demikian, Wasisto tak mengelak jika nantinya kedua partai itu akan berkoalisi. Peluang berkoalisi terbuka lebar.

"Peluang itu ada, namun yang penting diperhatikan adalah bagaimana membuat manajemen konflik bagi parpol besar ini. Tentunya ego masing parpol apalagi parpol besar tentu adalah suatu realita. Hal ini yang perlu dikondisikan sebelum membuat koalisi super," katanya.

Gandeng Partai Islam

Selain itu, lanjut Wasisto, dengan menggandeng partai berbasis Islam dalam koalisi masing-masing dinilai akan berkontributif nantinya. Ia mengatakan partai Islam menjadi strategi memenangkan hati pemilih muslim sebagai pemilih dengan segmen terbesar.

"Kalau bicara kontribusi, maka perlu dilihat kembali, segmen pemilih muslim mana yang disasar lewat representasi parpol Islam yang menjadi mitra," katanya.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di rumah Menteri Pertahanan itu di Jakarta, Senin, 5 Juli 2020.

Photo :
  • VIVA/Syaefullah

Selain itu, Wasisto menyebut saat ini pekerjaan yang terbesar bagi Airlangga memaksimalkan mesin partai agar satu suara dalam mendukungnya. Apalagi, Golkar saat ini adalah partai yang sangat mapan infrastuktur politiknya dengan jaringan meluas seluruh Indonesia.

"Ini tentunya menjadi modal penting," kata Wasisto.

Pesan Kampanye yang Solutif

Sementara untuk Prabowo, Wasisto memberi masukan agar narasi atau pesan kampanye yang solutif dan lebih mengena pada kebutuhan riil pemilih. Terlebih lagi populasi terbesar pemilih nanti didominasi anak muda yang galau soal pekerjaan, penghasilan, maupun perumahan.

"Ketiga isu menarik apabila diangkat menjadi narasi utama," katanya.

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • Dok. Airlangga Hartarto

Penuhi Ambang Batas Presiden

Sebelumnya, pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno, menyatakan Prabowo Subianto dan Airlangga Hartarto mempunyai kans maju dalam Pilpres 2024. Alasannya, mereka telah memiliki koalisi masing-masing yang mencukupi syarat presidential threshold sebesar 20 Persen.

"Gerindra dengan PKB. Serta Golkar, PPP, dan PAN dengan Koalisi Indonesia Bersatunya," kata Adi saat dihubungi, Kamis, 18 Agustus 2022.

Adi mengatakan KIB bisa dipastikan bakal mengusung Airlangga di Pilpres 2024. Terlebih, sebagai pemilik kursi terbanyak kedua, Golkar dianggap punya kekuatan untuk mengusung Airlangga.

"Entah sebagai capres atau cawapres. Apalagi pilpres lalu Golkar tidak punya kandidat," katanya lagi.

Begitu pula koalisi Partai Gerindra yang mendukung Prabowo sebagai capres. Dengan menggandeng PKB, koalisi itu sudah mencukupi ambang batas mengusung capres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya