Batalkan Proyek Kalender, DPR Dinilai Dengar Masukan Publik

Gedung MPR, DPR dan DPD.
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA Politik - Sekretariat Jenderal DPR memutuskan membatalkan pengadaan kalender cetak tahun 2023 dengan anggaran sebesar Rp 955 juta. Keputusan tersebut dinilai satu langkah yang tepat.

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Dengar Masukan Publik

Ahli Komunikasi Politik Silvanus Alvin, menuturkan ada 2 hal yang dapat dilihat dari keputusan DPR membatalkan proyek pengadaan kalender. Pertama, kata Alvin, adalah bagaimana DPR sebagai lembaga perwakilan rakyat mendengar masukan dari publik.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Poin kedua yang dimaksud Alvin yakni DPR dapat menunjukkan pihaknya tidak menutup diri terhadap koreksi bilamana ada hal-hal yang kurang berkenan di publik.

“Kedua hal tersebut sangat penting dalam menunjukkan peran DPR yang sensitif dan peduli dengan rakyat,” kata Alvin.

PKB Loyo Mau Gulirkan Hak Angket: Prabowo Sudah Keliling Partai

Beri Kesan Positif

Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (UMN) itu mengatakan pembatalan proyek kalender pun memberi kesan positif bahwa DPR berusaha mencegah polemik di masyarakat. Alvin menilai keputusan DPR tersebut dapat menambahkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga pimpinan Puan Maharani itu.

Usai Pelantikan, Anggota DPR, DPD & MPR RI Berswafoto di Gedung Kura-kura. (Foto ilustrasi)

Usai Pelantikan, Anggota DPR, DPD & MPR RI Berswafoto di Gedung Kura-kura. (Foto ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

“Pembatalan kalender ini dapat jadi momentum bagi DPR untuk semakin menunjukkan keterbukaan dan transparansi dalam penetapan dan penggunaan anggaran. Hal ini penting karena masalah anggaran sangatlah sensitif,” kata lulusan master University of Leicester Inggris ini.

Visi Misi Transparansi

Alvin pun meyakini isu pengadaan kalender itu akan mendapat perhatian khusus dari Puan. Apalagi, Puan sejak awal memiliki visi dan misi yang kuat mengenai transparansi dan keterbukaan DPR kepada rakyat.

“Isu soal pembuatan kalender ini saya yakini akan mendapat perhatian khusus dari Ketua DPR Puan Maharani. Sebagai Ketua DPR perempuan pertama, Puan tentu dengan visi-misinya akan mengawal hal ini agar kepercayaan publik yang meningkat kepada DPR tidak kembali terkikis,” katanya.

Gedung Nusantara DPR MPR RI

Photo :
  • Istimewa

Ia mengatakan keterbukaan DPR di bawah kepemimpinan Puan patut diapresiasi agar keberadaan DPR ke depan semakin kuat.

Manfaatkan Sarana Lain

Terkait isu pengadaan kalender, pengajar pada Prodi Distance Learning UMN itu memahami bahwa kalender dibuat sebagai salah satu bentuk sarana sosialisasi. Alvin mengatakan sosialisasi yang disampaikan melalui konten dalam kalender cukup penting agar masyarakat mengenal pemangku jabatan yang menjadi perwakilan mereka.

“Keinginan DPR untuk membuka akses luas kepada siapa saja mengenai rencana kerja dan kinerja mereka lewat berbagai sarana memang dibutuhkan. Namun apabila rakyat tidak menghendaki, DPR bisa memanfaatkan sarana lain seperti sosialisasi melalui media sosial,” kata Alvin.

Kompleks Gedung MPR/DPR.

Photo :

Lebih lanjut, DPR disebut dapat menggunakan portal-portal digital lain yang bisa diakses masyarakat untuk mengetahui apa saja yang dikerjakan para dewan. Menurut Alvin, sosialisasi pun dapat dilakukan oleh para anggota dewan saat kunjungan kerja maupun kegiatan reses di dapilnya masing-masing.

Selama ini, kata dia, kegiatan rapat maupun sidang di DPR juga ditampilkan secara live, real time, bahkan masyarakat dapat memberikan komentar pada saat yang bersamaan secara bebas.

“Di luar itu, aktivitas konten DPR RI di media sosial juga saya lihat aktif menyampaikan berbagai informasi mengenai DPR RI,” tutur Alvin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya