PDIP Pastikan Safari Puan Maharani Tak Ganggu Koalisi Gerindra dan PKB

Puan Maharani saat berada di Kantor DPD PDIP NTB
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Satria Zulfikar (Mataram)

VIVA Politik – Ketua DPP PDIP Said Abdullah, memastikan safari politik Puan Maharani seperti ketika bertemu Prabowo Subianto, tidak meruksa bangunan koalisi PKB dengan Gerindra. Pasca pertemuan Prabowo dan Puan pekan lalu, mencuat wacana menduetkan mereka di Pilpres 2024.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

PDIP tak ingin merusak kesepakatan koalisi Gerindra dan PKB. Maka setelah dari Prabowo, Puan Maharani akan bertemu Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Puan, jelas Said, tetap menghormati koalisi yang ada sekaligus menjalin komunikasi dalam rangka gotong royong membangun bangsa yang lebih baik.

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Ketua DPP PDIP Puan Maharani temui Ketua Umum Partai Gerindra.

Photo :
  • Dok. PDIP.

“Jangan sampai kehadiran Mbak Puan itu merusak koalisi Gerindra-PKB. Bukan begitu. Tidak (merusak). Oleh karenanya Mbak Puan habis sama Prabowo, dengan Cak Imin. Itu menunjukkan bahwa yang menamakan diri koalisi tetap saja. Bahwa nanti di tengah jalan, ada kesamaan visi dan sebagainya itu kan lain soal,” kata Said, Rabu, 14 September 2022.

PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Said juga menegaskan, Puan akan bertemu Cak Imin pada Sabtu pekan depan, 24 September 2022. Pertemuan sebelumnya batal lantaran Puan dan Cak Imin masing-masing memiliki kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan dan saat ini sudah ada kesepakatan waktu pertemuannya.

“Insya Allah Sabtu Minggu depan, bukan minggu ini ya, minggu depan,” kata Said.

Prabowo dan Cak Imin tanda tangan sepakat koalisi Gerindra-PKB.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Hanya saja, dikatakan Said, tempat pertemuannya belum dipastikan dan sedang dibahas oleh tim kecil dari kedua partai. Jika tim sudah menyepakati tempatnya, maka akan dipastikan Puan dan Cak Imin juga setuju dengan tempat tersebut.

“Cuma begitu lokasinya di mana, kita memang cari momentum yang nyaman apa di (tempat) Cak Imin atau di Mbak Puan atau maunya beliau berdua apa? Itu dalam proses pembicaraan di tim kecil,” jelasnya.

Lebih lanjut, Said menuturkan, nantinya Puan akan bertemu 4 mata dengan Cak Imin untuk menyampaikan pesan-pesan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri. Selain itu, kata dia, safari politik Puan mau menunjukkan bahwa PDIP selalu ingin bergotong royong dalam membangun bangsa.

“PDIP itu ingin menunjukkan kepada publik bahwa membangun bangsa ke depan tidak bisa sendiri, tidak ada alasan bagi PDIP karena parlemen threshold kita punya, kita kantongi, PDIP jumawa sendiri itu bukan cara-cara PDIP. Pasti PDIP melakukan safari, dari safari itulah kemudian kami DPP terutama Ibu Ketum pasti akan melakukan evaluasi-evaluasi,” ujarnya.

Diketahui, setelah bertemu dengan Cak Imin, Puan rencananya akan bertemu dengan Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan menyesuaikan waktu dan tempat keduanya. Begitu juga dengan ketum partai lain, tim PDIP sudah melakukan komunikasi dengan PAN, PPP, PKS dan Demokrat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya