Survei Indopol: Cuma di Banten Anies Bisa Kalahkan Ganjar dan Prabowo

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riyan Rizky

VIVA Politik – Direktur Eksekutif Indopol Ratno Sulistiyanto mengatakan, dari hasil survei peta politik Jawa Timur yang dilakukan pihaknya pada periode survei 24 Juni - 1 Juli 2022 soal capres yang di harapkan warga NU dan simpatisan sebesar 20.44% adalah Mahfud MD.

Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Selajutnya nomer 2 sebesar 15,57% Khofifah. sisanya  rata-rata dibawah 10% terbagi untuk Muhaimin, Ketua PBNU dan tokoh NU lainnya.

Menkopolhukam Mahfud MD yang juga Ketua Kompolnas saat rapat dengan Komisi III DPR.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

"Dukungan warga NU (Berdasarkan Keanggotaan NU dan Simpatisan) kepada 11 nama Capres 2024 di antaranya Ganjar 27,83%, Anies 19,34 %, Ridwan Kamil 11,95%, Prabowo 9,28%, AHY 2,36 %, Sandiaga 2,2%, Puan 1,42%, Khofifah 2,044%. Mahfud Md 1,57%, Muhaimin 1,26 %, Airlangga H 0,94," kata Retno.

Basis dukungan capres 2024 berdasarkan wilayah, Ganjar Pranowo mendominasi di Jateng-DIY (66,32%) dan Anies Baswedan di DKI Jakarta (60.0%).

Ganjar Tak Datang saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Capres-Cawapres Terpilih

Di Jawa Barat Ridwan Kamil mengalami kenaikan cukup signifikan dan memiliki simpati cukup kuat (29,52%), kedua adalah Anies Baswedan (22,86%), dibandingkan dengan Prabowo Subianto yang mengalami penurunan(17,62%)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA.co.id/Riyan Rizky

Wilayah Jawa Timur di mana kultur Jawa merupakan yang utama, Ganjar Pranowo mendapatkan simpati tertinggi (34.44%). Provinsi “Jawara” Banten , Anies Baswedan mendapatkan simpati cukup besar yakni 20.00% di bandingkan dengan Prabowo Subianto (17.62%).

Di luar Jawa khususnya Sumatera, Kalimantan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo paling memiliki peluang. Sementara wilayah Bali-NTT-NTB adalah banyak mendukung Ganjar Pranowo. Maluku Papua di dominasi Prabowo Subianto.

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto saat di KPU.

Photo :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Kata pengamat

Menanggapi Hasil survei tersebut Akademisi Universitas Airlangga Surabaya, Airlangga Pribadi menyatakan, bahwa terlihat kecenderungan responden berkehendak melihat adanya muka-muka baru, atau perlu adanya regenerasi kepemimpinan nasional. Di mana terlihat Nomer satu adalah Ganjar baru nomer dua Anies. 

“Regenerasi kepemimpinan menjadi isu yang penting dan kita lihat dari nama-nama itu, regenerasi sejalan dengan track dari pola kememimpinan, dari local menuju nasional,” Ungkap pria yang jadi pengajar di Universitas Airlagga tersebut.

“Kita harus melihat bahwa preferensi pemilih ke depan jangan hanya melihat pada elektabilitas saja, tapi kita juga harus cermat legacy kepemimpinannya bagaimana? pada saat tokoh-tokoh ini menjadi kepala daerah atau Politisi,” kata dia.

Terakhir Airlangga melihat ada kecenderungan calon-calon yang konstituennya pada orientasi kelompok politik tertentu, baik kanan atau kiri, Pola tersebut hanya bisa membuat calon lolos dalam pencapresan. 

Dalam konteks pertarungan electoral/pemilihan mereka memiliki tuntutan politik untuk memperluas dukungan pemilih, sehingga elektabilitas mayoritas bisa dipenuhi untuk menang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya