F-PDIP Bikin Dewan Kolonel untuk Puan, Mardani: Biar Rakyat Menilai

Anggota DPR sekaligus Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera
Sumber :
  • Twitter @MardaniAliSera

VIVA Politik - Manuver sejumlah elite PDI Perjuangan (PDIP) yang membentuk Dewan Kolonel untuk mendukung Puan Maharani menuju Pilpres 2024 jadi perhatian. Dewan Kolonel itu terdiri atas sejumlah anggota Fraksi PDIP di DPR.

Siap Gusur Dominasi PKS, 6 Parpol Rajut Koalisi Demi Menangkan Pilkada Depok 2024

Menanggapi itu, Angggota DPR Fraksi PKS Mardani Ali Sera menilai tak ada masalah dengan kemunculan Dewan Kolonel. Bagi dia, hal itu diibaratkan cara PDIP yang akan bekerja keras memenangkan kandidatnya.

"Monggo saja. Semua partai akan bekerja keras memenangkan kandidatnya," kata Mardani kepada VIVA, Rabu, 21 September 2022.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Menurut dia, cara PDIP itu juga nanti bagus untuk rakyat. Sebab, akan memunculkan gerakan untuk melayani rakyat.

"Malah bagus buat rakyat. Ada gerakan untuk melayani rakyat. Ke depannya biar rakyat yang menilai siapa yang punya kapasitas dan melayani," tutur Ketua DPP PKS tersebut.

Penyebab Raibnya Foto Jokowi di Kantor PDIP Sumut Terungkap, Kini Sudah Terpasang Lagi

Anggota Komisi III DPR, Johan Budi.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Inisiator Dewan Kolonel

Pembentukan Dewan Kolonel disebut karena dicetuskan Anggota DPR Fraksi PDIP Johan Budi Sapto Pribowo. Dewan Kolonel itu kini beranggotakan 12 anggota Fraksi PDIP di DPR.

Johan Budi mengaku jadi inisiator Dewan Kolonel. Eks Jubir KPK itu mengklaim sudah mendapat restu dari Puan.

Meski demikian, ia menegaskan Dewan Kolonel tak ada kaitan dengan DPP PDIP. Johan menekankan pihaknya hanya sekelompok dari Fraksi yang ingin jadi tim pendukungnya Puan.

"Ingin menjadi timnya mbak Puan untuk persiapan Pilpres itu. Saya usul, kita bentuk aja tim. Saya sebut Dewan Kolonel. Itu memang saya yang ngusulin, serius ini. Gitu ceritanya,” kata Johan di gedung DPR, Jakarta pada Selasa, 20 September 2022.

Ketua DPR selaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani

Photo :

Tanggapan Puan

Namanya mencuat gegara Dewan Kolonel, Puan Maharani akhirnya angkat bicara. Dia menilai keberadaan Dewan Kolonel sah dan tak ada masalah.

“Inisiatif ini sah-sah saja selama dibangun dengan didasari semangat gotong royong,” kata Puan usai mengunjungi Pesantren (Ponpes) Mahasina Darul Qur'an wal Hadits, di Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, Rabu, 21 September 2022.

Puan menyampaikan juga sudah mendengar usulan pembuatan Dewan Kolonel. Dia berharap Dewan Kolonel bisa membantu menjalankan tugas-tugas partai khususnya sesuai arahan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri terkait persiapan menghadapi Pemilu 2024. 

“Instruksi dari Bu Ketum adalah semua kader, simpatisan, struktural partai harus mempersiapkan diri untuk menyongsong tahun 2024. Turun ke lapangan, turun ke bawah untuk bertemu dengan rakyat,” tutur Puan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya