Emil Dardak Ungkap Jatim Jadi Tuan Rumah Pertemuan Pakar Permukiman

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyampaikan keterangan pers di Kantor Badan Penghubung Provinsi Jawa Timur, Jakarta, Kamis, 22 September 2022, tentang rencana penyelenggaraan EAROPH ke-28 di Surabaya.
Sumber :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali

VIVA Politik – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menggelar pertemuan secara daring bersama Sekretaris Jenderal United Cities and Local Government (UCLG) Bernadia Tjandradewi dan Presiden EAROPH Yolanda Reyes pada Kamis, 22 September 2022.

Film ‘Guru Tugas’ Tuai Kecaman di Madura, Polda Jatim Tangkap 3 Orang Konten Kreator

Jawa Timur akan menjadi tuan rumah Eastern Regional Organization for Human Settlements (EAROPH) ke-28 yang diselenggarakan di Surabaya pada 5-7 Oktober 2022.

“Jawa Timur merasa senang bisa menjadi tuan rumah EAROPH World Congress ke -28,” kata Emil Dardak kepada wartawan di Kantor Badan Penghubung Provinsi Jawa Timur, Jakarta Pusat.

KPK Sebut OTT di Sidoarjo Tak Sempurna, Ada Pejabat yang Tak Berhasil Ditangkap

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyampaikan keterangan pers di

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali

Emil menuturkan, acara tersebut yang sudah dikonfirmasi akan hadir adalah dari lembaga pembangunan internasional seperti Asian Development Bank, GIZ Jerman, dan Bank Dunia. Akan hadir juga para pakar permukiman dari sejumlah negara, di antaranya Australia, Pakistan, Filipina, dan negara-negara di Asia.

Gus Muhdlor Ditahan KPK, Subandi Ditunjuk Jadi Plt Bupati Sidoarjo

Dia berharap, pertemuan dan kongres ini bisa menjadi kesempatan untuk menghadirkan gagasan konkret untuk masa depan serta dapat menampilkan program-program strategis di bidang infrastruktur dan pengembangan dari Jawa Timur. 

“Kami berharap pertemuan para pakar permukiman dari berbagai negara di Surabaya akan menjadi kesempatan untuk melahirkan gagasan-gagasan konkret untuk perkotaan dan permukiman masa depan serta Jatim untuk menampilkan program-program strategis di bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah,” katanya.

Emil Dardak

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Era baru urbanisasi

Bernadia Tjandradewi mengatakan, para kepala daerah dari negara-negara ASEAN akan bertemu guna membahas strategi mewujudkan kota masa depan. “Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan EAROPH World Congress maka sinergi ini akan sangat efektif untuk mempertemukan para pakar dan kepala daerah atau wali kota,” ujarnya.

EAROPH adalah organisasi internasional yang dibangun pada tahun 1956 dan menjadi pakar dan praktisi bidang perencanaan dan pemukiman di wilayah Asia dan Australia.

Kongres EAROPH diadakan dua tahun sebelumnya di Filipina. Pada tahun 2022, EAROPH akan diadakan di Kota Surabaya, Jawa Timur. EAROPH ke-28 bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BIPW) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ilustrasi perumahan/rumah tapak.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kongres yang diadakan di Surabaya itu, EAROPH akan mengangkat tema Masa Depan Pemukiman Manusia: Mempercepat pemulihan dan mengantar ke era baru urbanisasi berkelanjutan pasca pandemi COVID-19. Para pakar dan praktisi dari berbagai negara Asia dan Australia akan membahas mengenai permukiman dan perkotaan masa depan.

Pada acara kongres tersebut juga akan ada pembahasan terkait beberapa pengembangan kawasan strategis di Indonesia seperti program Green Infrastructure Initiative dan pengembangan Ibu Kota Negara (IKN).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya