Selain TGB, Polemik PPP Bikin Elektabilitas Perindo Meningkat

Ilustrasi Perindo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA Politik - Sosok Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi dinilai bisa mendongkrak elektabilitas Partai Perindo menuju Pemilu 2024. TGB saat ini menjabat posisi sebagai Ketua Harian Nasional Perindo.

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Nasional (LSN), Gema Nusantara Bakry menganalisa demikian setelah bergabungnya TGB ke Perindo. Menurut dia, TGB merupakan figur yang punya rekam jejak bagus.

"TGB yang kita tahu dia adalah sebagai figur yang tidak hanya sebagai sosok religius tapi juga sebagai sosok nasionalis. Nah, ini semakin menegaskan bahwa Partai Perindo adalah partai yang inklusif atau partai yang terbuka," ujar Gema dalam Diskusi Publik di DPP Partai Perindo, Minggu 25 September 2022.

Sandiaga soal Peluang Gabung Prabowo-Gibran: Sesuai Namanya Partai Persatuan

Gema menyebut faktor lainnya yang meningkatkan elektabilitas Perindo karena berada di tren positif. Faktor pertama, kata dia, dengan bergabungnya TGB. 

Tuan Guru Bajang saat berceramah di Lombok, NTB.

Photo :
  • VIVA/Satria Zulfikar
Digadang Maju Pilgub DKI, Sandiaga Uno: Tugas Resmi Belum, Kita Pertimbangkan secara Serius

Kemudian, faktor kedua, menurutnya, Perindo secara konsisten melakukan aksi nyata mengatasi permasalahan yang dialami masyarakat. Dia menyebutkan, berdasarkan variabel yang dilakukan oleh lembaga surveinya, masyarakat akan memilih parpol yang peduli atas masalah riil masyarakat.

"Itulah yang direspons Perindo dengan memberikan segala bantuan salah satunya yang paling sering kita dengar adalah simbolisasi tentang gerobak UMKM. Nah, itu adalah salah satu bentuk kepedulian dari Partai Perindo terhadap rakyat kecil," kata Gema.

Pun, ia bilang untuk faktor ketiga, menyangkut kemampuan Partai Perindo dalam memanfaatkan media sosial maupun media mainstream. Hal itu sangat menunjang elektabilitas partai Perindo semakin lebih jauh dari berbagai partai politik lainnya.

Dia menambahkan elektabilitas Perindo naik juga karena suara partai parlemen seperti PPP yang digoyang persoalan internal pasca Suharso Monoarfa dipecat dari Ketua Umum.

"Tetapi tingginya elektabilitas Partai Perindo ini juga diimbangi dengan semakin merosotnya suara partai - partai parlemen seperti PPP dan PAN. Nah, kedua partai ini memiliki kisruh internal," tutur Gema.

Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjoe.

Photo :
  • Partai Perindo.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesodibjo melantik TGB menjadi Ketua Harian Nasional Perindo pada Sabtu 6 Agustus 2022.

Ketua DPW Perindo Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Yuni Astuti mengatakan, bergabungnya TGB menunjukkan bukti kemajemukan yang ada di Perindo. Yuni juga menganggap sosok TGB ini juga akan memberikan corak warna yang berbeda di Perindo.

"Bergabungnya sejumlah tokoh-tokoh ke Perindo yang salah satunya adalah TGB menunjukkan jika visi misi Perindo sangatlah jelas," tutur Yuni.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya