Puan Beri Kejutan Ultah, Cak Imin: Saya Minimal Jadi Wapres

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Sumber :
  • Twitter Puan Maharani @puanmaharani_ri

VIVA Politik - Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani memberi kejutan untuk Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang berulang tahun ke-56. Namun, Cak Imin justru mendoakan Puan menjadi presiden.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Kejutan ulang tahun diberikan Puan usai ia bersama Cak Imin berziarah ke makam Taufiq Kiemas di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu, 25 September 2022. Cak Imin diketahui memiliki kedekatan dengan almarhum yang merupakan ayah kandung Puan tersebut.

“Saya terima kasih Mbak Puan inget ulang tahun saya. Terima kasih disiapkan kue ulang tahun. Moga-moga doanya terkabul. Dan, saya minimal jadi wakil presiden,” kata Cak Imin disambut tawa Puan serta jajaran PDIP dan PKB.

Jubir Anies Sebut Pembubaran Timnas Amin Tak Jadi Digelar Hari Ini, Lalu Kapan?

Wakil Ketua DPR itu pun berkelakar harus menyadari posisi perolehan suara PKB yang berada di bawah PDIP. Dengan demikian, ia hanya berharap menjadi orang nomor dua di Indonesia. Cak Imin justru mendoakan Puan bisa menjadi Presiden.

“Ini minimal (jadi wapres). (Kalau ada yang tanya) ‘ini kok jadi wapres, katanya presiden’, partainya kalah gede,” canda eks Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tersebut.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

“Saya selalu mendoakan Mbak Puan jalan terus, sukses. Kita doakan Mbak Puan jadi Presiden,” lanjut Cak Imin.

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Istimewa

Pun, dia mengatakan, dirinya dan Puan memiliki hubungan yang cukup hangat. Sebab, sejak masa muda sudah berjuang bersama dalam politik sehingga ia berharap PKB bisa terus berkoalisi dengan PDIP ke depan.

“Dan juga sebagai saudara saya pasti akan support Mbak Puan dalam perjuangan. Pasti,” kata Cak Imin.

Cak Imin bela PDIP

Didoakan menjadi Presiden, Puan mengamini harapan Cak Imin untuk menjadi wakil presiden. Dia menganggap Cak Imin sudah seperti kakak sendiri.

“Kita doakan, amin. Sebagai saudara, sebagai kakak-adik, yang sama-sama berjuang dibesarkan oleh ayah kandung saya, dan ayah pergerakannya Cak Imin,” kata Puan.

“Harapannya adalah bagaimana ke depan kita bisa sama-sama mencari satu pemikiran, satu solusi kebersamaan sehingga dapat bergotong royong dalam membangun bangsa dan negara,” ujar Puan.

Cak Imin sebelumnya bercerita ikut membantu membela Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di masa orde baru. Maka itu PDIP berharap kerja sama dengan PKB bisa terus berlanjut. 

“Bukan hanya di kontestasi 2024, tapi justru pasca kontestasi 2024. Karena sebagai saudara, tentunya pasti insya Alah menyadari kapan waktunya bertanding, kapan waktunya bersanding. Itu yang paling penting,” kata Puan.

Bagi Puan, PDIP dan PKB punya kesamaan sebagai partai wong cilik. Oleh karena itu, kata Puan, tak tertutup kemungkinan PDIP dan PKB kembali berkoalisi di Pemilu 2024. Meskipun PKB saat ini sudah bekerja sama dengan Gerindra.

“Ya namanya dinamika politik, tidak ada yang tidak mungkin. Tidak ada yang tidak mungkin dalam politik. Jadi (PDIP) bisa ketemu Gerindra saja (beberapa waktu lalu) sudah satu sinyal bahwa kemungkinan ke depannya bisa saja ada dinamika-dinamika lain,” ujarnya.

Ketua DPR Puan Maharani dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Twitter Puan Maharani @puanmaharani_ri

Kriteria pasangan wapres

Puan juga menanggapi saat ditanya awak media soal kriteria bakal calon pasangannya jika ia ditunjuk PDIP maju sebagai capres di Pilpres 2024. Ia menyampaikan kriteria yang diharapkannya. Salah satunya kesamaan visi dan misi.

“Namanya juga seperti mau nikah, semua calon pasti cari pasangan yang cocok. Punya visi dan misi yang sama, cita-cita yang sama. Bagaimana kemudian visi-misi dan cita-cita bersama itu bisa untuk kesejahteraan rakyat," lanjut eks Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan tersebut.

"Kemudian jangan sampai di tengah jalan pecah kongsi. Namun, bisa seiring sejalan paling tidak untuk 5 tahun itu kita bisa kerja sama untuk rakyat,” kata Puan.

Dia memastikan sudah punya sosok yang diharapkan jika maju bersamanya di 2024. Ia pun memastikan akan terus melakukan safari politik ke partai-partai lain sebagai persiapan menyongsong Pemilu 2024.

“Ya sudah dong, kita jalan ke mana-mana ya ada yang diincar dong. Pastinya kami akan terus bertemu. Secepatnya menyambangi (partai) yang lain,” tuturnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya