Manuver Capres Nasdem Bikin KPK Sulit 'Menembak' Anies

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan
Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Partai Nasdem resmi mengusung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden atau capres pada Pilpres 2024 mendatang. Deklarasi untuk mengusung Anies itu digelar di Nasdem Tower pada Senin, 3 Oktober 2022.

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mengatakan Partai Nasdem ingin menitipkan sejarah perjalanan bangsa Indonesia ke sosok Anies Baswedan, yang dianggap Nasdem sebagai calon terbaik dari yang terbaik.

Deklarasi capres Nasdem ini begitu mengejutkan, karena sejak awal Nasdem berencana mengumumkan capres yang akan mereka usung pada 10 November 2022, mendatang. Pengumuman nama Anies sebagai capres Nasdem lebih cepat dari yang diperkirakan. 

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengaku tidak terlalu terkejut dengan keputusan Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres. 

Namun, ia tak menampik timing atau waktu pengumuman capres Nasdem yang dipercepat, memunculkan spekulasi terkait pemberitaan media yang menyebut ada upaya menjegal Anies Baswedan lewat status tersangka di kasus Formula E oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

"Kita tidak bisa mengelak ada tafsir dan sepukulasi munculnya pemberitaan Koran Tempo yang mengindikasikan adanya pimpinan KPK yang mencoba menjegal Anies dalam kasus Formula E. Ini tidak bisa lepas dari isu pentersangkaan," kata Burhanuddin Muhtadi dikutip dalam perbincangan di tvOne, Senin, 3 Oktober 2022.