Giring Ogah Bahas Politik Buntut Kanjuruhan, Kok PSI Deklarasi Ganjar?

Ketua Umum PSI Giring Ganesha dan Grace Natalie
Sumber :
  • VIVA / Rahmat Fatahillah Ilham

VIVA Politik – Keputusan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) jadi sorotan usai mengumumkan Ganjar Prabowo sebagai capres yang bakal diusung PSI di Pilpres 2024. Deklarasi PSI dinilai respons atas keputusan Partai Nasdem yang mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai capres pada Senin pagi.

PSI Ajukan 10 Gugatan Hasil Pileg, MK Pastikan Anwar Usman Tak Ikut Tangani

Sikap PSI menuai sorotan. Pasalnya, Ketua Umum PSI Giring Ganesha dalam cuitan sebelumnya, menolak membahas urusan politik di tengah duka atas tragedi Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan 125 suporter Arema Malang. 

Cuitan Ketua Umum PSI Giring Ganesha yang sudah dihapus.

Photo :
  • Tangkapan layar Twitter
Ganjar soal Prabowo Bakal Rangkul Lawan Politik: Saya Lebih Baik di Luar Pemerintahan 

Penolakan Giring untuk berbicara soal politik merespons rencana Partai Nasdem yang menggelar acara deklarasi capres Anies Baswedan. Menurut Giring, deklarasi capres di tengah duka Kanjuruhan menunjukkan sikap tidak empati.

"Hilangnya ratusan nyawa di #kanjuruhan membuat kami di @psi_id menyingkirkan bahasan politik sementara, deklarasi capres di tengah kedukaan tentu menyisakan rasa nir empati. PSI konsisten menolak pemimpin pengusung politik identitas," kata Giring dalam cuitannya di Twitter.

Ungkit Panasnya Debat di Pilpres 2024, Prabowo: Tapi Kita Tetap Satu Keluarga

Sikap Giring untuk menolak membahas politik itu kontradiktif dengan PSI, yang pada Senin sorenya malah mengumumkan nama capres yang akan diusung PSI pada Pemilu Presiden 2024. Momennya juga sama di tengah duka tragedi Kanjuruhan. 

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natali dalam jumpa pers secara virtual, mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres yang diusung PSI di 2024 mendatang. Capres yang diusung PSI merupakan jejaring suara rembuk rakyat.
 
Menurut dia, hasil rembuk rakyat telah memilih nama calon Presiden 2024 untuk mendukung program kerja yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tentu, nama ini didapat hasil DPP PSI turun kebawah untuk menjadi calon Presiden 2024.

"Kami umumkan bahwa PSI akan mencalonkan Pak Ganjar Pranowo sebagai calon Presiden PSI pada 2024," ujarnya.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Grace Natalie

Photo :
  • VIVA/Dhana Kencana

Sejak awal, kata dia, Ganjar yang merupakan Gubernur Jawa Tengah unggul dibandingkan kandidat bakal calon Presiden lainnya. Bagi PSI, lanjutnya, calon Presiden yang diusung memiliki visi misi kebangsaan.

"Mas Ganjar sosok paling pas untuk melanjutkan kerja-kerja Pak Jokowi dalam memajukan Indonesia. Ini calon presiden pilihan rakyat lewat rembuk rakyat, bukan pilihan PSI," ungkapnya

Sementara, terkait cuitan Ketum PSI Giring, yang menolak membahas politik di tengah duka Kanjuruhan, Grace berdalih seluruh pengurus PSI pusat maupun daerah sudah bergerak semua sejak mendengar peristiwa tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Bahkan, PSI Kota Malang masih terus melakukan penggalangan dana dan membantu keluarga korban.

"Kita meminta agar proses investigasi menyeluruh penanggungjawab harus bertanggungjawab. Entah dicopot jabatannya dan sebagainya. Kami sudah melakukan apa yang kami bisa sesuai kapasitas kami," jelas dia.

Kemudian, Grace mengatakan PSI juga memiliki tanggungjawab kepada masyarakat Indonesia karena telah melakukan jajak pendapatnya sejak Februari 2021 terkait bakal Capres 2024 pengganti Presiden Jokowi.

"Hari ini kami juga punya tanggungjawab kepada masyarakat Indonesia yang sudah kami tanyai pendapatnya sejak Februari tahun lalu, terkait siapa pemimpin yang mereka inginkan untuk menggantikan Pak Jokowi. Jadi dua-duanya kami jalankan secara paralel, tidak ada yang tidak prioritas," tegasnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya