PKS Yogyakarta: Anies Baswedan Religius, Nasionalis, Simbol Perubahan

Kampanye pendukung PKS di Pemilu 2019 beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Politik – Pimpinan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Daerah Istimewa Yogyakarta mengusulkan kepada pimpinan pusat di Jakarta nama Anies Baswedan sebagai calon presiden. Mereka mengklaim nama gubernur DKI Jakarta itu merupakan aspirasi akar rumput massa PKS.

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Ketua PKS DI Yogyakarta Agus Mas'udi mengatakan, sosok Anies Baswedan sesuai dengan kriteria calon presiden yang telah ditetapkan oleh Majelis Dewan Syura partai itu beberapa waktu lalu.

Tiga syarat tersebut, antara lain, pertama, berpeluang memenangi kontestasi pemilu presiden tahun 2024; kedua, representasi umat; ketiga, simbol perubahan "Tiga kriteria itu, kami simpulkan, ada pada sosok Anies Baswedan," katanya dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 6 Oktober 2022.

Nasdem Bakal Gabung Koalisi Prabowo-Gibran, PKS Sebut Surya Paloh Cantik Bermain Politik

Gubernur DKI Anies Baswedan dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Photo :
  • Instagram Ahmad Syaikhu.

Kriteria pertama, katanya, berpeluang memenangkan pemilu presiden ada pada sosok Anies Baswedan, mengacu pada sejumlah hasil survei yang menempatkan elektabilitas Anies Baswedan selalu pada tiga besar.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

"Kriteria kedua juga terpenuhi karena Anies Baswedan, adalah sosok religius dan nasionalis. Kriteria ketiga adalah sebagai simbol perubahan, sudah terbukti dalam memimpin Jakarta," ujarnya.

Mas'udi menjabarkan, usai deklarasi dukungan itu, PKS DI Yogyakarta akan mengirimkan surat kepada pimpinan pusat PKS di Jakarta sebagai bentuk pernyataan aspirasi mengusung Anies Baswedan. Meski demikian, dia memahami, kewenenangan menentukan capres ada pada pimpinan pusat, sementara pimpinan daerah hanya menyampaikan aspirasi.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Gubernur DKI Anies Baswedan.

Photo :
  • Instagram Ahmad Syaikhu.

PKS DI Yogyakarta, katanya, siap bergerak untuk memenangkan Anies Baswedan pada pemilu presiden tahun 2024. Sementara dalam pemilu legislatif, mereka menyatakan kesiapan untuk meraih suara sebanyak-banyaknya. "Kami juga siap dan taat pada keputusan DPP PKS," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya