Gerindra: Calon Pemimpin Sekarang Pencitraannya buat Tempat Selfie

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani.
Sumber :
  • Gerindra

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan masyarakat perlu memahami pentingnya demokrasi di Indonesia. Menurut dia, demokrasi merupakan cara untuk mempertahankan dan merebut kekuasaan.

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

"Oleh sebab itu, masyarakat perlu memahami pentingnya demokrasi. Karena demokrasi adalah cara pemimpin untuk mempertahankan kekuasaan dan mempergilirkan kekuasaan," kata Muzani melalui keterangan tertulisnya pada Kamis, 13 Oktober 2022.

Rakyat harus memahami kualitas, kapasitas dan kapabilitas setiap calon pemimpin yang akan dipilihnya, kata Wakil Ketua MPR RI itu. Di era demokrasi yang modern ini, banyak cara bagi seorang calon pemimpin untuk melakukan pencitraan daripada kepedulian dan pengetahuannya tentang masalah yang dihadapi rakyat.

Putin Resmi Dilantik Jadi Presiden Rusia, Lanjut Menjabat 6 Tahun Lagi

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

"Hari ini ada kecenderungan bahwa kita dipertontonkan dengan calon-calon pemimpin yang hanya memenuhi kepuasan rakyat sesaat, misalnya, membuat fasilitas yang hanya menjadi tempat-tempat selfie (swafoto)," ujarnya.

Di Forum Parlemen MIKTA, Puan Ingatkan Krisis di Gaza Berdampak pada Stabilitas Global

Dengan cara-cara seperti itu, hampir semua sisi negatif dari calon pemimpin itu tidak kelihatan. Saat ini, Muzani melihat semua calon pemimpin akhirnya memilih jalan itu, tanpa betul-betul memahami apa yang menjadi masalah bangsa hari ini, apa yang menjadi masalah substansi dan kebutuhan rakyat saat ini.

"Ketika rakyat memilih calon pemimpin seperti ini, pada akhirnya harapan rakyat menjadi fatamorgana karena ketidakmampuan pemimpin tersebut untuk menjadi pemimpin yang ideal," ujarnya.

VIVA Militer: Kondisi ibukota Kiev, Ukraina, pasca serangan rudal Rusia

Photo :
  • cbc.ca

Padahal, Muzani menegaskan, Indonesia harus memiliki pemimpin yang kuat dengan memahami permasalahan substansi kerakyatan dan ancaman global. Sebab, ancaman resesi dan perang nuklir harus disikapi dengan cermat.

Karena implikasi dari perang Rusia-Ukraina saat ini sudah melanda negara-negara Eropa Barat. Tanda-tanda krisis akibat resesi sudah terjadi di Inggris. Orang-orang mulai antre untuk makan. Di Kota London, semua makanan harganya naik 25 persen.

"Negara yang begitu luar biasa makmur dan kaya, sekarang harga makanan mahal. Biaya listrik naik 70 persen, air bersih naik 50 persen. Di negara-negara Eropa Barat, semua sekarang sedang menghadapi musim dingin. Suplai gas yang selama ini dari Rusia sekarang ditutup," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya