Sidak Pasar, Cak Imin Sebut Harga Beras, Telur hingga Minyak Goreng Stabil

Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Johar, Karawang, Jawa Barat.

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Kunjungan tersebut diklaim untuk mengecek stabilitas harga pangan sebagai sebagai bentuk nyata fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sidak dilakukan kemarin. 

Cak Imin menyatakan stabilitas harga harus dipertahankan. Komoditi seperti beras, minyak goreng, telur, tepung, daging ayam, dan daging sapi, ungkap dia, masih terpantau stabil atau belum mengalami kenaikan harga yang signifikan pasca penyesuaian harga BBM beberapa waktu yang lalu. 

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

Sebelumnya, penyesuaian harga BBM bersubsidi disinyalir akan menghantui perubahan harga pada beberapa barang kebutuhan pokok.

"Alhamdulillah, dari hasil sidak saya ke sejumlah warga pedagang Pasar Johar Karawang harganya boleh dibilang stabil. Belum ada peningkatan harga yang signifikan," kata Cak Imin melalui keterangan resmi yang diterima awak media, Kamis, 27 Oktober 2022.  

Pilpres Berakhir, Cak Imin Sebut Timnas Amin Akan Dibubarkan Besok Pagi di Rumah Anies

Dari hasil pantauannya, harga bawang putih di pasar Johar saat ini dijual di kisaran Rp 26.000/kg, minyak goreng curah Rp 14.000/kg, telur ayam ras Rp 27.000/kg, daging ayam Rp 30.000/kg, dan cabe rawit Rp 50.000/kg. Tercatat hanya bawang merah yang mengalami kenaikan dibandingkan sepekan sebelumnya.

"Tadi cuma bawang merah yang mengalami kenaikan, sekarang pedagang jualnya Rp 31 ribu, seminggu sebelumnya Rp29 ribu per kilo. Kalau harga cabai itu fluktuatif terkait dengan pasokan dari petani," kata legislator dari Daerah Pemilihan Jawa Timur VIII tersebut.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini pun mengaku bersyukur, melihat stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional. Ia berharap stabilitas harga kebutuhan pokok terus dipertahankan. 

Mantan Menteri Ketenagakerjaan ini melanjutkan, pandemi berdampak serius bagi sendi perekonomian masyarakat. Sebab itu, ia mengajak masyarakat untuk kembali berbelanja ke pasar tradisional untuk menggeliatkan kembali perekonomian rakyat kecil.

"Kita tahu situasi sekarang memang serba sulit, dan stabilitas harga kebutuhan pokok di pasar tradisional ini jadi angin segar, terutama untuk masyarakat kecil. Saya tekankan kondisi ini harus dipertahankan. Pasar tradisional berperan penting menggerakkan roda perekonomian rakyat, terutama rakyat kelas bawah. Karena itu, mari kita gairahkan kembali berbelanja di pasar tradisional karena pasar tradisional bisa membantu pedagang yang sudah lama berjuang dengan ekonomi di kalangan bawah," jelasnya.

Saat melakukan sidak pasar tersebut, dia didampingi oleh sang istri Rustini Murtadho yang juga merupakan Wakil Ketua Persaudaraan Istri Anggota (PIA) DPR RI. 
Dalam kesempatan yang sama, hadir pula Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda yang juga Ketua DPW PKB Jawa Barat, serta sejumlah anggota DPRD Provinsi Jabar dan DPRD Kabupaten Karawang Fraksi PKB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya