Hasto Ingatkan Instruksi Megawati ke Kepala Daerah dan DPRD Soal Politik Cinta Lingkungan

Wabendum PDIP Rudianto Tjen, Hasto Kristiyanto, Ketua DPD PDIP Didit Srigusjaya
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA Politik – Instruksi Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, untuk para kepala daerah dan DPRD dari partai itu, kembali diingatkan oleh Sekjen Hasto Kristiyanto.

Menteri PUPR Basuki Lapor ke Jokowi Tidak Mau Maju di Pilkada Jakarta

Dalam lawatannya ke Bangka Belitung, dia mengingatkan lagi para kepala daerah di sana selalu mengingat pesan Megawati. Bahwa kepala daerah dan anggota dewan, harus punya kepedulian terhadap lingkungan dan alam. Kepedulian tersebut harus ada terkhususnya di banyaknya bekas wilayah penambangan yang terbengkalai.

"Ibu ketua umum mengajarkan politik yang mencintai lingkungan sehingga partai mempunyai pemimpin-pemimpin yang memahami lingkungan dan menjaga alam," ujar Hasto dalam keterangannya, ketika berbincang dengan para kepala daerah dan anggota legislatif pusat dan provinsi, di Sungai Liat, Bangka, Sabtu 29 Oktober 2022.

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta, Menteri Basuki Buka Suara

Dia mengingatkan lagi, bahwa saat ini juga partai telah siap menghadapi Pemilu 2024. Berkaca dari hasil pemilu sebelumnya, dimana PDIP meraih kemenangan di tingkat provinsi dan di 7 kabupaten/kota di Bangka Belitung.

"Itu menunjukkan partai mengalami progres dan  prestasi dalam mengorganisir rakyat dan memenangkan pemilu," kata Hasto.

Istana: Ada atau Tidak Ada Presidential Club, Presiden dan Mantan Presiden Penting Bersilaturahmi

Potensi yang dimiliki Provinsi Babel, sangat besar, seperti kopi. Menyangkut kondisi alamnya, Hasto memberi catatan bahwa cukup banyak penambangan liar. Maka terlihat juga lokasi bekas penambangan yang terbengkalai. Menurutnya ini cukup melukai bumi.

"Sekali lagi, Bu Mega berpesan mari mencintai dan melestarikan lingkungan. Jadi tata ruang harus disusun secara baik," katanya.

Dia meminta para kepala daerah dan legislatif, khususnya Ketua DPRD yang memegang palu pimpinan, agar tidak masuk zona nyaman. Bisa mengambil keputusan untuk masa depan daerah yang lebih baik. Hasto berada di Babel dalam rangkaian kegiatan Sumpah Pemuda 28 Oktober yang digelar DPD PDIP Babel.

Saat menutup acara Jalan Sehat dan Kirab Budaya Nusantara, Hasto memberi apresiasi kepada jajaran DPD PDIP, dan anggota DPR Dapil Babel Rudianto Tjen. Mereka, bersama para kepala daerah dari PDIP di sana, telah menunjukkan kesatupaduan dengan masyarakat Babel. 

Hasto mengatakan, bahwa PDIP bisa menunjukkan pergerakan ekonomi rakyat bersama pemerintah. Itu terlihat dari rangkaian kegiatan yakni Pameran UMKM, Pasar Malam, jalan sehat, dan Kirab Budaya Nusantara.

"Selama beberapa hari ini digelar pasar malam dengan menghadirkan UMKM. Tadi saya laporkan ke Bu Mega. Beliau bangga. Mari kita gerakkan ekonomi rakyat yang bertumpu dari UMKM," kata Hasto.

Jalan sehat juga membuat masyarakat bisa olahraga dengan murah. Tetapi bisa memberi kesehatan bak itu jantng hingga menerapkan pola hidup sehat. Sementara kirab Budaya Nusantara, warga bisa menunjukkan ekspresi seni. 

“Bung Karno berpesan jadilah bangsa yang bangga dengan budayanya," sebut Hasto.

Hasto juga meminta semua pihak mulai dari PJ Gubernur hingga eksekutif dan legislatif di Provinsi Babel, terus bersatu dan bersama-sama di tengah masyarakat menghadapi situasi terkini. 

Menurutnya ini sejalan dengan apa yang menjadi pesan Presiden Jokowi. Karena ke depan situasinya tidak mudah, banyak tantangan. Belum tuntas COVID-19, ada lagi ancama resesi dan krisis global. 

“Dan selanjutnya mari kita perkuat gotong royong antarkita, yang kuat membantu yang lemah. Mari kita bersama Presiden Jokowi, kita bangun Indonesia raya kita,” tegas Hasto.

Hasto didampingi Wakil Bendahara Umum PDIP yang juga anggota DPR daerah pemilihan Bangka, Rudianto Tjen. Sejumlah pengurus DPD PDIP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dan kepala daerah di Babel tampak hadir. Seperti Ketua DPD PDI Perjuangan Didit Srigusjaya, Bupati Bangka Mulkan, Wakil Bupati Bangka Syahbudin, Wali Kota Pangkal Pinang Maulan Aklil, dan Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid dan Wakilnya Debby Vita Dewi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya