Andi Arief Samakan Kasus Formula E Anies dengan Kasus Sumber Waras Ahok

Politikus Partai Demokrat, Andi Arief.
Politikus Partai Demokrat, Andi Arief.
Sumber :
  • Lilis L/VIVA.co.id

VIVA Politik – Ketua Bappilu Partai Demokrat Andi Arief, meminta Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK memberikan kejelasan mengenai status Anies Baswedan dalam kasus Formula E. KPK harus mampu memberikan kejelasan dan menyatakan bahwa Anies tidak bersalah jika memang tak ada kesalahan yang dilakukan.

Andi Arief kemudian membandingkan kasus Formula E dengan kasus pengadaan lahan RS Sumber Waras saat Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Dalam kasus sumber waras menurut Andi Arief, KPK saat itu berani dengan tegas menyatakan Ahok tak bersalah.

Deretan Pembalap Formula E di FP1 Jakarta E-Prix

Deretan Pembalap Formula E di FP1 Jakarta E-Prix

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Memang saat itu BPK menemukan adanya kerugian negara dalam pengadaan lahan RS Sumber Waras. Namun ketika didalami oleh KPK, teenyata KPK tak menemukan niat jahat atau mens rea dari Ahok selaku Gubernur DKI saat itu.

"Pak Marwata komisioner KPK di tahun 2016 pernah umunkan Ahok tak miliki mens rea saat kasus sumber waras. Pak @aniesbaswedan harus mendapat keadilan serupa," kata Andi Arief dalam akun twitternya Kamis 3 November 2022.

Andi Arief mengatakan, jangan sampai kasus Formula E ini dijadikan alat untuk menyandera orang yang sebenarnya tidak bersalah. Maka dari itu Andi Arief meminta KPK dapat mengumumkan kejelasan status Anies.

"Jangan sampai Kasus Formula E dijadikan sandera pencapresan. Komisioner wajib umumkan, agar rasa adil dirasakan rakyat," ujar Andi

Halaman Selanjutnya
img_title