Demokrat Sambut Positif Anies Ketemu Gibran, Bikin Sejuk Pilpres 2024

Gibran Rakabuming Raka dengan Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodiq

VIVA Politik – Politisi Partai Demokrat Herman Khaeron mengklaim, pertemuan Anies Baswedan dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka merupakan suatu hal yang positif. Terutama di tengah-tengah hiruk pikuk suasana Pilpres 2024 yang memanas. 

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Menurut dia, apa yang dilakukan Anies menandakan jika bakal capres Partai Nasdem itu sebagai sosok yang terbuka dengan siapapun. Termasuk lawan politik.

"Mestinya ini contoh Mas Anies buka diri ke siapa pun. Dan buka ruang diskusi dari siapa pun. Ini contoh politik pemimpin ke depan," kata Herman di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 15 November 2022.

Andi Arief Dikabarkan Sakit di Singapura, Butuh Donor Hati

Herman Khaeron, Kepala BPOKK DPP Partai Demokrat

Photo :

Menurut Herman, Anies ke Solo dalam rangka roadshow politik. Sebelumnya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu mendatangi Bali untuk bertemu dengan 3 kepala daerah dari Partai Demokrat, Nasdem dan PKS. 

Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Menurut Herman, apa yang dilakukan Anies sebagai suatu hal yang positif. "Ini pasti dilakukan siapa pun. Roadshow politik seorang pimpinan tidak lagi membedakan itu siapa," ujarnya.

Herman menuturkan, semua pihak boleh saja menafsirkan langkah Anies bertujuan untuk mencuri suara di kandang PDIP. Tapi yang jelas, Herman menekankan, Anies ingin menunjukkan bahwa menghadapi Pilpres 2024 harus dalam suasana cair, tanpa intrik polarisasi dari pilpres sebelumnya.

"Tidak ada lagi polarisasi di masyarkat yang kesannya kita selalu berseberangan. Padahal, kontestasinya sudah selesai dan menjurus ke masing-masing individu dan akhirnya berseberangan. Dengan kunjungan silang cairkan suasana dan mudah-mudahan capres siapa pun bisa satukan polarisasi yang selama ini di medsos dan Indonesia bersama tunjukan gotong royong, kompak," jelasnya.

Anies Baswedan melakukan pertemuan dengan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Kota Solo, Selasa kemarin. Anies dalam kesempatan itu memuji perkembangan Kota Solo di bawah kepemimpinan putra sulung Presiden Joko Widodo tersebut.

Namun pandangan lain dilontarkan Ketua DPP PDIP Said Abdullah. Ia menyebut, pertemuan Anies dan Gibran hanya untuk kepentingan Anies. Menurutnya, Anies menemui Gibran untuk mendapatkan keuntungan politik.

"Iya untuk kepentingan dirinya, tidak ada hubungannya dengan Gibran, itu hanya cari keuntungan politik saja Anies," kata Said di komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 15 November 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya