Anies Ungkap 3 Kriteria Sosok Cawapresnya pada Pilpres 2024

Anies Rasyid Baswedan di Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi (Yogyakarta)

VIVA Politik – Anies Rasyid Baswedan diusung Partai Nasdem sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Saat ini, Partai Nasdem tengah menjajaki koalisi dengan Partai Demokrat dan PKS.

Pakar Sebut Kehadiran Anies di KPU Tunjukkan Komitmen Prinsip Bernegara dan Berdemokrasi

Meski demikian, hingga saat ini belum ada nama calon wakil presiden (cawapres) yang diumumkan berpasangan dengan Anies. Sejauh ini ada dua nama yang santer dikaitkan akan menjadi cawapres Anies yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Ahmad Heryawan atau Aher.

Terkait siapa cawapres yang akan mendampinginya, Anies mengatakan dia tidak terburu-buru untuk menentukan pilihan. Anies menilai proses Pilpres 2024 masih panjang.

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

"Masih September atau Oktober tahun depan. Masih panjang," kata Anies usai bertemu relawan pendukungnya di Gedung PDHI, Kota Yogyakarta, Rabu, 16 November 2022.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Anies mengungkapkan dirinya punya kriteria tersendiri untuk sosok pendampingnya di Pilpres 2024 mendatang.

"Pertama adalah yang berkontribusi pada pemenangan. Kedua berkontribusi pada stabilitas dukungan partai-partai dan ketiga adalah membantu untuk efektivitas di pemerintahan," ujar Anies.

Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menambahkan karena proses menuju Pilpres 2024 masih panjang, masih ada cukup waktu untuk memilih sosok yang akan mendampinginya.

"Jadi nanti sambil jalan kita lihat mana yang paling pas. Sekarang masih terlalu terburu-buru untuk menentukan. Tapi bahwa ada usulan atau pandangan itu bagian dari dinamika dalam demokrasi, sah-sah saja. Tentang nantinya seperti apa, finalnya masih panjang," ujar Anies.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya