Disukai Milenial, Erick Thohir Bisa Bawa Berkah Elektoral Bagi Ketum Parpol

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

VIVA Politik – Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sosok yang menjadi inspirasi generasi muda Indonesia. Hal tersebut tentu memberikan kredit elektoral bagi Erick Thohir untuk meraup suara milenial di Pilpres 2024. Menurut Pengamat Politik Universitas Indonesia Meidi Kosandi, suara milenial cukup dominan pada Pilpres 2024. Karenanya kedekatan Erick Thohir dengan kalangan anak muda menjadi satu situasi yang positif. 

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Kondisi demikian, dia menambahkan, tentu turut menambah kenaikan elektabilitas secara signifikan. Sehingga berpotensi, menjadikan Erick Thohir sebagai pemimpin pilihan milenial Tanah Air. "Erick Thohir kemungkinan berebut suara pada basis yang sama, yaitu milenial, netizen dan pemilih muda," ujar Meidi. 

Menteri BUMN Erick Thohir di depan Milenial Pupuk Indonesia.

Photo :
  • istimewa
MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Sebab selama tiga tahun memimpin Kementerian BUMN, Erick Thohir begitu menunjukkan keberpihakkannya terhadap generasi muda. Baru di era Erick Thohir, anak muda di bawah usia 40 tahun banyak menjadi direksi BUMN. 

Lebih dari itu turut diketahui juga bahwa Erick Thohir menargetkan 10 persen kepemimpinan muda di BUMN dapat tercapai pada 2023. Satu situasi yang menunjukkan dukungan besar terhadap talenta muda Tanah Air.  Oleh karenanya Meidi menyampaikan gaya kepemimpinan Erick Thohir inilah yang sangat disukai kalangan milenial. Hal itu seringkali ditunjukkan Erick Thohir pada setiap kebijakan. 

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

Menteri BUMN Erick Thohir dalam BUMN Young Leader Summit Vol.1.

Photo :

Kondisi demikian, menurut dia, menjadi modal bagus dalam persiapan menuju kontestasi Pilpres. Keunggulan yang dimiliki Erick Thohir tentunya bisa membawa berkah bagi figur seperti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo.

"(Kandidat calon) Masing-masing memiliki basis sosialnya. Erick Thohir mungkin pada kelompok identitas dan pelaku pasar," tandas Meidi.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo juga menilai gaya kepemimpinan Erick Thohir konsisten menerapkan nilai-nilai egaliter dan itu Satu hal yang tidak banyak dimiliki oleh figur-figur lainnya.

Dampak daripada itu bahkan turut mampu membuat Erick Thohir mendapat berkah elektoral yang sangat kuat. Erick Thohir diketahui kini menjadi figur yang begitu disukai oleh kalangan anak muda. 

“Karena pemilih milenial itu kan suka orang yang tidak birokratis, sosok egaliter itu ada di Pak Erick Thohir,” kata Ari, Selasa 22 November 2022

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya