Aulia Rachman Dicopot, Gerindra Bantah Gegara Foto Bareng Anies

Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman.
Sumber :
  • Facebook Aulia Rachman

VIVA Politik - Partai Gerindra mencopot Wakil Wali Kota Medan Aulia Rachman dari Sekretaris DPD Gerindra Sumut. Pencopotan itu diisukan terkait foto bareng Aulia dengan Anies Baswedan beberapa waktu lalu. 

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjelaskan soal pergantian pengurus di DPD Gerindra Sumatera Utara. Dia menepis pergantian tersebut berkaitan viralnya foto Aulia dengan Anies beberapa waktu lalu. Dasco berdalih pergantian pengurus di daerah merupakan hal lumrah dalam internal partai. 

"Jadi, gini, revitalisasi atau pergantian pengurus di Gerindra itu adalah hal yang lumrah dan biasa," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 25 November 2022.

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Dasco menambahkan, pergantian jajaran di DPD Gerindra Sumut sudah direncanakan sejak bulan Oktober 2022. Hal tersebut, tekan dia, berdasarkan parameter perhitungan kebutuhan partai yang telah terukur.

"SK-nya kalau saya tidak salah tanggalnya 15 atau 30 Oktober (2022). Kalau dikaitkan dengan hal lain (foto Aulia dengan Anies) saya rasa tidak demikian ya, karena kami dalam revitalisasi punya tolak ukur dan parameter yang jelas," kata Dasco.

Gerindra Pastikan Prabowo Tak Bicara Kursi Menteri saat Bertemu Surya Paloh

Wakil Wali Kota Medan, Aulia Rachman berfoto bersama Anies Baswedan

Photo :
  • FB Anies Baswedan

Lebih jauh, Dasco menjelaskan kalau partainya telah meminta klarifikasi kepada Aulia mengenai foto tersebut. Namun, tak ada sangkut pautnya dengan pergantian kepengurusan. 

"Ya, kami kan minta klarifikasi itu kan karena viral, karena juga kemudian dari para pengurus menanyakan, ya kami hanya klarifikasi. Mengapa bagaimana? Iya ini kan revitalisasi nggak hanya Sumut lho," tutur Wakil Ketua DPR tersebut.

DPP Gerindra mencopot Wakil Walikota Medan, H. Aulia Rachman dari jabatannya sebagai Sekretaris DPD Gerindra Sumatera Utara. Hal itu, berdasarkan Surat Keputusan (SK) revitalisasi, yang dikeluarkan Oleh Ketua Harian DPP Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad.

Ketua Harian Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad

Photo :
  • VIVA/Anwar Sadath

Penjelasan DPD Sumut

Ketua DPD Gerindra Sumut, Gus Irawan Pasaribu juga membantah pencopotan Aulia buntut dari foto bersama dengan Anies sebagai bakal capres dari Partai NasDem. Gus jelaskan SK revitalisasi organisasi DPD Gerindra Sumut, tertanggal 31 Oktober 2022. 

SK itu dibuat jauh hari sebelum foto viral Aulia dengan mantan Gubernur DKI itu.

“Tapi harus saya jawab bahwa itu tidak benar. Karena SK ini tertanggal 31 Oktober sementara foto pertemuan itu di awal November,” kata Gus Irawan dalam keterangan tertulis diterima VIVA, Jumat 25 November 2022.

Untuk diketahui, revitalisasi struktur organisasi di DPD Gerindra Sumut itu, Sekretaris DPD Gerindra Sumut, diisi oleh Sugiat Santoso. Sebelumnya menjabat sebagai Ketua OKK DPD Gerindra Sumut. Sementara, Aulia kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPD Gerindra Sumut.

Buntut foto bersama antara, Anies dan Aulia, ada tiga pengurus inti DPD Gerindra Sumut dan DPC Gerindra Kota Medan dipanggil untuk melakukan klarifikasi ke DPP Gerindra di Jakarta, Kamis, 10 November 2022.

Ketiga orang itu, Ketua DPD Gerindra Sumut, Gus Irawan, Sekretaris DPD Gerindra Sumut, Aulia Rachman yang juga merupakan Wakil Walikota Medan dan Ketua DPC Gerindra Kota Medan, Ihwan Ritonga.

Gus Irawan mengungkapkan revitalisasi kepengurusan tersebut, semata-mata untuk persiapan Gerindra untuk menyongsong kemenangan Gerindra di Pemilu 2024. Selain itu, juga bertujuan menguatkan dan mengawal potensi kemenangan Prabowo sebagai calon Presiden 2024 secara nasional dan di Sumut.

“Itu sesuai dengan hasil survei LSI pada Maret yang lalu. Kita berharap kemenangan di pemilihan presiden dan kemenangan Gerindra di Sumut," tutur Gus Irawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya