Zulkifli Hasan Ibaratkan Partai di KIB Tim yang Bertanding dalam Piala Dunia

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengibaratkan masing-masing partai yang tergabung di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) pada kontestasi pemilu tak ubahnya tim yang sedang bertanding dalam Piala Dunia.

Khofifah Ingin Duet Lagi dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024

"Mau diskusi bola Piala Dunia, jangan meremehkan yang kecil-kecil, lho," katanya sebelum pertemuan para ketua umum partai politik yang tergabung di KIB dilangsungkan di satu restoran di Menteng, Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Selain menganalogikan PAN dengan Jepang yang berseragam biru dalam Piala Dunia yang berhasil mengalahkan Jerman, Zulhas juga menganalogikan PPP yang identik dengan warna hijau dan Partai Golkar yang berwarna kuning seperti tim negara-negara lain yang menang dalam pertandingan Piala Dunia.

Zulhas: Banyak Orang Salah Sangka Prabowo Dianggap Menang karena Bansos

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Plt Ketua Umum PPP Mardiono bertemu di satu restoran di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

"Arab Saudi warnanya hijau, kalahkan Argentina. Kalau Brasil, 'kan warnanya kuning. Kalau kuning, sudah besar dari lama," katanya.

Zulhas Klaim PAN Setia Jatuh-Bangun Bareng Prabowo selama 15 Tahun

Untuk itu, Menteri Perdagangan tersebu mengingatkan pentingnya bagi partai-partai di KIB untuk memiliki sikap tidak merasa kecil sebelum bertanding, serta publik tidak menganggap enteng pula terhadap tim-tim kecil. Ia juga menekankan bahwa kemenangan justru dapat muncul dari kekuatan-kekuatan kecil yang bersatu dan konsisten.

Acara jamuan makan malam yang dimulai sekitar pukul 19.00 WIB dan berlangsung selama sekitar satu jam itu dihadiri oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono, Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara, serta Bendahara Umum Partai Golkar Dito Ganinduto.

Demokrasi berkualitas

Mardiono menyebut bahwa PPP ingin menghadirkan pesta demokrasi yang berkualitas pada 2024 dengan tidak membelah rakyat.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Plt Ketua Umum PPP Mardiono bertemu di satu restoran di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu, 30 November 2022.

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

"Kita hadirkan pesta ini dengan tersenyum, tidak menghadap-hadapkan rakyat tetapi kita nikmati pesta demokrasi ini dengan menghadirkan sebuah kualitas yang tinggi," tutur Mardiono.

Dengan menghadirkan pemilu yang berkualitas, ia berharap akan melahirkan pemimpin berkualitas pula yang mendapatkan amanah dan kepercayaan dari rakyat yang sesungguhnya. Hal tersebut, kata Mardiono, juga sejalan dengan yang diinginkan oleh KIB.

"Kita KIB bertekad bulat untuk menghadirkan pesta demokrasi yang menghasilkan kualitas pemimpin yang terbaik yang betul-betul memang diinginkan oleh rakyat Indonesia," ujarnya.

Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono

Photo :
  • Istimewa

Capres sudah mengerucut

Oleh karena itu, Mardiono menyebut KIB tidak mendesain tergesa-gesa dan sangat cermat dalam mengambil keputusan bersama karena ingin mempersembahkan keputusan-keputusan politik yang terbaik demi pemilu yang berkualitas.

Ia menyebut dalam kesempatan diskusi tersebut, KIB sudah makin mengerucutkan pula perihal kriteria-kriteria calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung.

Mardiono mengatakan bahwa PPP menyodorkan rangkuman aspirasi dari berbagai unsur yang diserapnya di lapangan berkaitan dengan kriteria capres dan cawapres dalam perjamuan makan malam itu.

"Selama ini PPP juga selalu untuk mendengarkan aspirasi baik dari tokoh masyarakat, dari tokoh agama tokoh ulama, kemudian juga dari kader-kader partai kami di seluruh Indonesia. Tentu, juga dari Partai Golkar dan partai PAN juga demikian halnya," ujarnya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya