Polisi dan Kader Nasdem Bubarkan Aksi Tolak Anies di Aceh

Pembubaran aksi tolak kedatangan Anies Baswedan di Aceh.
Sumber :
  • Istimewa/Dani Randi

VIVA Politik - Kegiatan safari politik Anies Baswedan di Aceh sempat disambut dengan aksi penolakan. Muncul sejumlah orang yang mengklaim sebagai Aliansi Milenial Cinta Demokrasi menolak kedatangan Anies di Bundaran Lambaro, Aceh Besar.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

Namun, aksi mereka terpaksa dibubarkan aparat polisi yang dibantu sejumlah kader dari Garda Partai Nasdem. Salah satu peserta juga terpaksa diamankan karena diduga sebagai provokator.

Para peserta aksi itu awalnya coba menghadang rombongan Anies saat lakukan perjalanan dari Bandara Sultan Iskandar Muda ke Masjid Raya Baiturrahman, pada Jumat, 2 Desember 2022.

Oposisi Diperlukan agar Ada yang Mengingatkan kalau Ada Penyimpangan, Menurut Pakar BRIN

Baca Juga: Safari Politik Anies di Aceh Terhambat, Nasdem: Izin Dicabut Pemda 

Calon presiden dari Partai Nasdem, Anies Baswedan, di Masjid Baiturrahman Aceh.

Photo :
  • VIVA/ Dani Randi.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Mereka dalam aksinya itu membawa spanduk bertuliskan penolakan terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Melihat hal itu, sejumlah garda pemuda Nasdem dan polisi merespons dengan melakukan mengusir pengunjuk rasa.

Alasan polisi membubarkan aksi tolak Anies karena menghindari gesekan antara pengunjuk rasa dan garda pemuda Nasdem.

Kepala Satuan Intelkam Polresta Banda Aceh, Kompol Suryo Sumantri Darmoyo mengakui pihaknya bersama kader Nasdem membubarkan aksi tersebut.

Dia bilang, pembubaran itu lantaran peserta aksi tak punya izin dari aparat kepolisian. Ia juga khawatir potensi bentrokan antara kader Nasdem dan peserta aksi.

“Orasi yang dilakukan oleh Aliansi Milenial Cinta Demokrasi tersebut tanpa izin dan tidak mengindahkan imbauan dari pihak kepolisian,” kata Suryo dalam keterangannya, Sabtu, 3 Desember 2022.

Suryo menyampaikan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan dan menahan terhadap salah satu peserta aksi terkait kegiatan. Namun, setelah dimintai keterangan, peserta aksi itu dilepaskan kembali.

“Setelah dimintai keterangan dan menghindari amukan dari kader partai Nasdem, peserta aksi tersebut dilepaskan kembali,” tutur Suryo.

Seperti diketahui, bakal capres 2024 yang diusung Partai Nasdem  yakni Anies Baswedan tengah melanjutkan safari politiknya ke Aceh. Eks Gubernur DKI itu tiba di Bumi Serambi Mekah sejak Jumat kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya