PAN: Nama Erick Thohir Muncul Jadi Bahasan di Pertemuan KIB Buat Cawapres

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. AMSI

VIVA Politik – Politikus PAN Syafrudin Budiman menuturkan Menteri BUMN Erick Thohir menjadi satu nama yang paling sering dibicarakan di antara para ketum partai politik (parpol) di KIB. Erick Thohir juga kerap muncul dalam setiap kali kegiatan yang dilakukan oleh para koalisi partai tersebut.

Cara Taspen Perkuat Srikandi Jadi Penggerak Finansial

“Keduanya (Ganjar dan Erick Thohir) paling populer di KIB selain nama Airlangga Hartarto atau Zulkifli Hasan," ujar Gus Din sapaan akrab Syafrudin Budiman dalam keterangannya, Rabu 14 Desember 2022.

Ketua Panitia Pernikahan Kaesang-Erina, Erick Thohir.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq (Solo)
Jokowi Tunjuk Menko Airlangga Jadi Ketua Pelaksana Tim Nasional OECD, Intip Tugasnya

Gus Din mengungkapkan apa yang menjadi pembicaraan KIB mendorong sosok Erick Thohir sebagai cawapres tentu sesuai dengan keinginan publik. Hal itu terekam baik dalam sejumlah temuan yang diluncurkan berbagai lembaga survei.

"Hal ini sejalan dengan survei-survei politik yang mengungguli pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir,” ungkap Gus Din.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Menteri BUMN, Erick Thohir.

Photo :
  • Istimewa

Misalnya saja, tambah dia, seperti hasil temuan survei dari Indikator Politik Indonesia pada priode 30 Oktober-05 November 2022. Survei menunjukkan terjadi peningkatan elektabilitas Erick Thohir dalam beberapa waktu belakangan. 

Tercatat elektabilitas Ketua Masyarakat Ekonomi Syatiah (MES) itu mengalami kenaikan. Tercatat pada bulan Agustus angka elektabilitas Erick Thohir sebesar 8,5 naik menjadi 9,6 persen di November 2022.

Oleh karenanya Gus Din meminta agar seluruh pihak terutama masyarakat bisa tetap bersabar menanti keputusan akhir yang bakal diambil KIB terkait posisi Erick Thohir. Tapi yang pasti semua akan dilakukan denga menerapkan asas demokrasi yang adil.

“Jadi kita tunggu saja pentuan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sebagai proses konvensi demokrasi yang dilalui di masing-masing internal partai," ucap dia.

Itu artinya, masih terdapat beberapa kemungkinan terutama untuk pengusungan Erick Thohir maju sebagai cawapres unggulan dari KIB. Meski sejauh ini nama Erick Thohir selalu menjadi yang terdepan dalam beberapa kesempatan.

"Dimana segala kemungkinan akan bisa saja terjadi dalam penetapan Capres-Cawapres KIB,” kata dia mengakhiri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya