Ragukan Anies, Ruhut: Nggak Usah Mimpi, Aku Takut Dia Jadi Bakal Calon Terus

Politikus PDIP Ruhut Sitompul.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA Politik - Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Ruhut Sitompul kembali melempar tudingan ke bakal calon presiden atau capres Partai Nasdem Anies Baswedan. Dia menilai politik identitas masih melekat terhadap eks Gubernur DKI tersebut.

Prabowo Siap Buktikan Janji Kampanye Makan Siang Gratis, Termasuk di Aceh dan Sumbar

Ruhut bahkan menyebut politik identitas yang dibawa Anies bisa membuat Indonesia tercerai-berai jika terpilih jadi presiden. Tapi, dia meragukan Anies bisa sampai pendaftaran Pilpres 2024 dengan jadi capres yang diusung koalisi partai politik. 

"Ya, itu sudah pasti. Ancur, ancur. Udah deh kita nggak usah mimpi, dia nggak akan jadi. Aku takut dia bakal jadi calon terus kok. Calon pun nggak kok. Aku yakin. Apalagi melihat sekarang PKS dan Demokrat gitu," kata Ruhut saat dihubungi tvonenews.com, Senin, 19 Desember 2022.

PDIP Kritik Ide Penambahan Kementerian: Bagi-bagi Kekuasaan Berdampak Pemborosan Anggaran

Baca Juga: Kecam Ruhut Kerap Serang Anies, Demokrat: Hati, Pikirannya Kotor dan Jahat

Sirajuddin Abdul Wahab bersama Anies Baswedan dideklarasi relawan Go-Anies di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (23/10/2022).

Photo :
  • vstory

Kursi PAN Bertambah Jadi 48, Zulhas: Terima Kasih Pak Prabowo

Dia mengatakan untuk menutupi politik identitasnya, Anies diduga mulai melakukan pendekatan dengan kelompok agama lain. Menurut dia, hal itu menarik suara dari kelompok agama selain Islam. 

"Ya, ketawa semua orang. Kita tahu semua kok itu. Dan orang-orang yang kena pendekatan, kita juga tahu gimana respons manusia-manusia itu. Misalnya pendeta ini, pimpinan buddha, kita tahu kok. Saya berani bilang karena ada kaitan dengan pendeta saya," jelas eks Anggota DPR tersebut.

Pun, dia mengatakan bahwa pihak pendukung Anies yang membawa ujaran kebencian salah satunya diduga adalah Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). "HTI. Di dunia semua nggak ada lagi negara-negara yang dulu pake itu. Apa kita ingin seperti itu, negara-negara yang kacau balau akibat SARA, ujaran kebencian? Teror? Bener nggak?" kata dia. 

Lebih lanjut, Ruhut mengaku merasa kasihan dengan Anies. Dia bilang demikian karena Anies punya simpatisan pendukungnya yang dinilai dapat menjatuhkannya. Kata dia, pendukungnya itu yang bisa membuat Anies hancur.

"Saya sama Anies sebenarnya baik. Putrinya itu sama saya sangat hormat. Tapi, saya takut orang-orang di belakang dia, mbak, pendukungnya ini. Ini yang membuat dia hancur," sebut Ruhut. 

Ruhut Sitompul.

Photo :
  • ANTARA/Hafidz Mubarak A

Kecaman ke Ruhut

Elite Partai Demokrat mengecam keras perilaku Ruhut Sitompul yang kerap menyudutkan Anies via media sosial. Ruhut dinilai menebar isu intoleran dan radikal ke Anies. 

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat (PD) Kamhar Lakumani menyebut aksi Ruhut sudah seperti menebar fitnah.

"Yang dilakukan Bung Ruhut Sitompul sudah mengarah kepada fitnah," kata Kamhar kepada wartawan, Jumat, 16 Desember 2022.

Kamhar menyoroti tindakan Ruhut Sitompul yang masih melakukan cara-cara kotor dalam berpolitik. Dia menyindir Ruhut punya pikiran yang jahat. 

"Kami prihatin dan kasihan jika kemudian Bung Ruhut masih menggunakan cara usang dan kotor seperti ini dalam berpolitik. Cara-cara seperti ini hanya mungkin dilakukan oleh orang-orang yang hati dan pikirannya kotor dan jahat," kata Kamhar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya