Pidato Megawati Soekarnoputri di HUT PDI Perjuangan dari Tahun ke Tahun

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di HUT ke-50 di Jiexpo, Kemayoran.
Sumber :
  • YouTube PDIP

VIVA Politik – PDI Perjuangan memperingati hari ulang tahun ke-50 di JIExpo Kemayoran Jakarta, Selasa 10 Januari 2023. Acara tersebut turut dihadiri Presiden Joko Widodo, Wapres Maruf amin hingga petinggi partai Megawati Soekarnoputri.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Menukil laman resmi partai, sebelum diberi nama PDIP,  partai ini erat kaitannya dengan Partai Nasional Indonesia (PNI) yang didirikan oleh Soekarno pada Juli 1927.

Presiden Jokowi (kiri), Ketum PDIP Megawati Sukarnoputri (tengah) di HUT PDIP.

Photo :
  • YouTube PDIP
Wapres Ma’ruf Amin Berharap Kabinet Prabowo-Gibran Diisi Kalangan Profesional

Diketahui, PNI bergabung dengan Partai Musyawarah Rakyat Banyak (Partai Murba), Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI), Partai Kristen Indonesia (Parkindo), dan Partai Katolik.

Barulah pada 10 Januari 1973, partai gabungan di atas disatukan dengan nama Partai Demokrasi Indonesia (PDI). Yang hari ini tengah merayakan HUT ke-50.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Megawati Soekarnoputri kemudian mengubah nama PDI menjadi PDI Perjuangan pada 1 Februari 1999 kemudian dideklarasikan pada 14 Februari 1999 di Istora Senayan, Jakarta.

PDI Perjuangan (PDIP) melakukan Kongres I pada 27 Maret-1 April 2000 di Semarang, Jawa Tengah. Kongres tersebut menghasilkan keputusan Megawati sebagai Ketum DPP PDIP periode 2000-2005.  Hingga Kongres ke V, pada 8 Agustus 2019, Megawati kembali terpilih menjadi Ketum untuk periode 2019-2024 secara aklamasi.

Pidato Megawati di HUT PDIP ke-49

Tema HUT PDIP ke-49 adalah ‘Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya'. Tema soal kesehatan ini dipilih berkaitan dengan situasi pandemi Covid-19 yang saat itu masih dihadapi oleh Indonesia.

Dalam pesannya, Megawati meminta kader PDIP berefleksi untuk memanaskan terus jiwa perjuangan yang selalu ditunjukkan oleh Soekarno.

Megawati mengajak semua pihak untuk memastikan keberhasilan Pemilu 2024, baik pemilu legislatif dan pemilu presiden. "Berkaitan dengan Pemilu tahun 2024. Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden yang dilaksanakan untuk kedua kalinya secara serentak, harus dipastikan keberhasilannya," ucap dia.

Menurut Megawati pemilu harus lancar karena begitu banyak kerawanan politik, bahkan jatuh bangunnya suatu bangsa, akibat ketidakmampuan mencari solusi atas konflik. "Pemilu 2024 harus dipastikan berjalan demokratis, jujur, dan adil, yang memungkinkan terjadinya pergantian kekuasaan secara terlembaga, aman, dan damai," terang dia.

Pidato Megawati di HUT PDIP ke-48

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di HUT ke-50 di Jiexpo, Kemayoran.

Photo :
  • YouTube PDIP

Megawati Soekarnoputri menyebut tema HUT PDIP ke-48 tahun adalah ‘Mewujudkan Indonesia Berkepribadian Dalam Kebudayaan’. Tema HUT PDIP tersebut dilandasi atas hukum positif yang menjamin keberlangsungan kemajuan ekonomi, kesusilaan, kebudayaan, dan pemerintahan yang berjalan di atas kebajikan.

"Dasar dari segala upaya itu adalah keselamatan, kebahagiaan hidup rakyat, serta tetap hidupnya kepribadian bangsa," kata Megawati saat peringatan Hari Ulang Tahun ke-48 PDIP, yang diadakan secara live streaming virtua

"Saya menyampaikan belasungkawa mendalam bagi para tenaga kesehatan yang wafat dalam tugas pengabdian. Mereka terus mengabdikan diri menyelamatkan rakyat. Terima kasih bagi para pengajar dan pendidik yang terus mengabdikan diri menerangi anak-anak dengan ilmu pengetahuan, meski dengan kendala teknis. Terima kasih pula bagi para petani, nelayan, pekerja di semua sektor dan UMKM yang tidak menyerah, terus berjuang menjaga ekonomi negara tetap berjalan. Doa dan perjuangan Ibu bersama kalian," ujar Mega.

Pidato Megawati di HUT PDIP ke-47

Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin hadir di HUT PDIP ke-50 di Kemayoran

Photo :
  • Youtube PDIP

Megawati Soekarnoputri menyebut tema Ulang Tahun PDI Perjuangan ke-47 Tahun dan Rapat Kerja Nasional PDI Perjuangan kali ini yakni Solid Bergerak: Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional.

“Tema tersebut saya putuskan sebagai simbol babak baru bagi perjuangan dan strategi Partai. Di usia 47 tahun, sudah waktunya kristalisasi ideologi dalam suatu gerakan konkret,” kata Megawati di arena Rakernas I PDI tahun 2020, sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun ke-47 PDIP

“Otokritik harus berani kita lakukan. PDI Perjuangan adalah partai yang menganut ideologi Pancasila. Mengaku berideologi Pancasila memiliki konsekuensi logis yang harus dijalankan,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya