Istana Sebut Tak Ada Reshuffle Kabinet Bulan Ini

Presiden Jokowi dan Mensesneg Pratikno
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA Politik – Menteri Sekretaris Negara atau Mensesneg Pratikno membantah adanya informasi yang menyebutkan bahwa Presiden Jokowi akan melakukan acak ulang atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada bulan Januari 2023 ini. Pratikno menegaskan bahwa tak ada reshuffle kabinet pada bulan Januari ini.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

"Sekarang bulan apa? Enggak ada, engga ada (reshuffle kabinet bulan Januari)," kata Mensesneg Pratikno kepada awak media di Istana Negara, Jakarta, Senin 16 Januari 2023.

Prabowo Subianto (tengah) dengan sesama menteri Kabinet Indonesia Maju. - Laily Rachev

Photo :
  • dw
Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Ketika ditanya kemungkinan reshuffle dilakukan pada bulan Februari mendatang, Pratikno juga mengaku tidak tahu. "Ya enggak tahu kalau itu," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, juga tak banyak bicara ketika dimintai keterangan mengenai kemungkinan adanya reshuffle kabinet. Politisi PDI Perjuangan ini enggan memberikan bocoran terkait rencana perombakan kabinet tersebut. "Saya enggak tahu kalau ada yang bocor," ujar Pramono.

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Ketika awak media terus menanyakan kemungkinan reshuffle kabinet ini, Pramono enggan memberikan kisi-kisi. "Pokoknya saya nyimpen yang enggak bocor. Habis tanya bocoran, saya nyimpen yang enggak bocor," ujarnya

Diberitakan sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali berbicara mengenai kemungkinan dirinya akan melakukan acak ulang atau reshuffle kabinet di masa pemerintahannya. Jokowi menyebutkan kemungkinan untuk reshuffle itu selalu terbuka.

Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bogor, Jawa Barat Jumat 23 Desember 2022. Meski mengatakan reshuffle mungkin dilakukan, namu Kepala Negara tak menyebut kapan waktunya.

"Mungkin. Ya nanti," kata Jokowi kepada awak media ketika ditanya mengenai kemungkinan adanya reshuffle.

Sebagaimana diketahui, Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024 sudah tiga kali dirombak oleh Presiden Jokowi. Pertama, pada 23 Desember 2020, saat terdapat enam pejabat baru untuk pos Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Menteri Agama, Menteri Perdagangan, Menteri Kelautan dan Perikanan, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Prabowo Subianto datang ke Istana saat hari reshuffle kabinet

Photo :
  • VIVA/Anwar Sadat

Kemudian, pada 28 April 2021, Jokowi melakukan reshuffle kedua Kabinet Indonesia Maju dengan melantik dua pejabat baru untuk Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Menteri Investasi/Kepala BKPM. 

Reshuffle ketiga terjadi pada 15 Juni 2022 saat Jokowi melantik sejumlah pejabat baru untuk pos Menteri Perdagangan, Menteri Agraria dan Tata Ruang(ATR)/Kepala BPN, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Wakil Menteri Dalam Negeri, dan Wakil Menteri Ketenagakerjaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya