Wakil Presiden Sebut Pemilu di Empat DOB Papua Sudah Disiapkan

Wapres Ma'ruf Amin memberikan keterangan pers di Kalimantan Selatan, Jumat, 27 Januari 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga

VIVA Politik – Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan penyelenggaraan pemilu di empat daerah otonom baru (DOB) Papua sudah disiapkan agar bisa mengikuti pilpres dan pemilu legislatif.

Bawaslu Minta Semua Pihak Bantu Awasi Pilkada Serentak 2024

"Ya, saya kira di Papua sudah dibuat semua aturannya sebagai daerah otonom baru. Itu kan Papua sekarang menjadi enam provinsi, empat di Papua, yang dua di Papua Barat; jadi enam. Semuanya sudah disiapkan," kata Ma'ruf Amin di sela-sela kunjungan kerja di Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Jumat, 27 Januari 2023.

Ma'ruf menyampaikan hal itu saat menjawab pertanyaan terkait evaluasi Pemerintah terhadap persiapan penyelenggaraan pemilu di empat DOB Papua. Dia menambahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga telah menyiapkan agar keempat DOB Papua itu bisa mengikuti pemilu presiden maupun pemilu legislatif.

Gubernur Papua Barat Keluarkan Instruksi Dua Hari Tanpa Konsumsi Nasi

Ilustrasi logo parpol peserta Pemilu 2024.

Photo :
  • Dok. VIVA
Perayaan HUT DKI Ke-497, Heru Budi Minta Warga Jakarta Gunakan Hak Pilihnya di Pilkada

"Untuk pemilu, KPU sudah menyiapkan supaya mereka bisa ikut dalam pemilu, bisa ikut pilpres, bisa ikut mencalonkan untuk legislatif DPR maupun DPD, dan yang (lainnya) berkaitan dengan pemilu," tambahnya.

Selain menyiapkan tentang pemilu, kata Ma'ruf, Pemerintah juga telah menyiapkan keikutsertaan empat DOB Papua tersebut dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh dan Sumatera Utara.

Ilustrasi Petugas PPS mengambil logistik Pemilu 2019 saat didistribusikan ke TPS-TPS di Distrik Wesaput Wamena, Jayawijaya, Papua

Photo :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

"Bahkan juga kemarin dalam rapat kabinet untuk PON misalnya, PON yang di Aceh dan Sumatera Utara. Maka, DOB ini juga diikutsertakan sebagai provinsi baru, walaupun misalnya belum ada atletnya atau hanya benderanya atau beberapa cabang olahraga, karena dia sudah menjadi daerah otonom," ujar Ma'ruf. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya