Alasan Nasdem Absen Saat PKS Nyatakan Sikap Dukung Anies Capres

Safari politik Anies Baswedan bersama Partai Nasdem.
Sumber :
  • Partai Nasdem

VIVA Politik - Perwakilan elite Partai NasDem absen saat PKS menyatakan sikap politiknya mendukung pencalonan Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024. Hanya ada petinggi PKS dan perwakilan Demokrat yang hadir.

Golkar, PAN dan Demokrat Sepakat Koalisi Usung Jaro Ade di Pilkada Kabupaten Bogor

Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohamad Sohibul Iman menyampaikan penjelasan perwakilan Nasdem yang tak hadir saat pernyataan sikap pihaknya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin kemarin. 

Sohibul mengatakan beberapa elite Nasdem yang tergabung dalam Tim Kecil Koalisi Perubahan memang tengah berhalangan. Seperti misalnya Ketua DPP NasDem Sugeng Suparwoto yang absen karena sedang rapat Komisi VII DPR. 

Siap Gusur Dominasi PKS, 6 Parpol Rajut Koalisi Demi Menangkan Pilkada Depok 2024

Menurut Sohibul hal itu tak mengurangi arti pernyataan sikap PKS mendukung Anies.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

“Tidak mengurangi arti dan semua hal kita kemukakan,” kata Sohibul dikutip dari tvOnenews, Selasa, 31 Januari 2023.

Begitu pun Ketua DPP Nasdem Willy Aditya yang tengah berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin kemarin. Hal ini bertepatan dengan jadwal safari politik Anies ke NTB.

Sebelumnya, PKS menyampaikan dukungan terhadap Anies sebagai capres 2024. Sohibul mengatakan pihaknya akan menyampaikan sikap secara eksplisit pada Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2024.

"PKS akan menyampaikan eksplisit organisatoris untuk mendukung Bapak Anies Rasyid Baswedan pada Rapat Badan Majelis Syura PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2024,” kata Sohibul di Gubuk Makan Mang Engking Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin kemarin.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman dan tim Koalisi Perubahan.

Photo :
  • VIVA.co.id/Sherly

Lokasi di Bandara Soetta itu karena Sohibul baru datang dari Istanbul, Turki setelah bertemu dan dapat arahan dari Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al Jufri.

Selain Sohibul, pernyataan sikap PKS dukung Anies dihadiri Jubir PKS Muhammad Kholid, Jubir PKS Pipin Sopian, Ketua DPP Al Muzammil Yusuf. Lalu, ada perwakilan dari Demokrat yakni Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya, Kepala Badan Komunikasi Strategi Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Lalu, Sudirman Said selaku perwakilan Anies Baswedan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya