Mahfud MD Blak-blakan Tak Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Menko Polhukam Mahfud MD yang juga Ketua Kompolnas saat rapat dengan Komisi III DPR.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan secara gamblang dirinya tak akan mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden atau capres di Pemilu 2024. Mahfud mengatakan demikian saat berdiskusi dengan Denny Indrayana beberapa waktu lalu. 

Aliran Duit SYL yang Kini Dirampas untuk Negara: dari Biduan Nayunda hingga Nasdem

Mulanya, Denny bertanya ke Mahfud apakah dirinya diizinkan untuk mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut jadi capres. Mahfud pun dengan lugas menjawab akan mendukung semua pilihan Denny.

"Lalu, yang kedua, pak saya (Denny) ini mendukung Anies, boleh nggak pak? Ya saya bilang boleh (mendukung Anies). Dia kan junior dekat dengan saya," kata Mahfud di kantor Kemenko Polhukam, Selasa, 31 Januari 2023.

Jokowi hingga Airlangga Tanggapi Kritik Mahfud MD soal KPU Tak Layak jadi Penyelenggara Pemilu

Lalu, Denny bertanya lagi dan menegaskan jawaban dari mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut terkait dengan dukungannya terhadap Anies Baswedan.

"Nggak apa-apa pak saya mendukung? Nggak apa-apa saya bilang, saya mendorong kamu dukung Anies," tutur Mahfud.

Tak Cuma Dipecat, Mahfud MD Sebut Hasyim Asy'ari Bisa Dipidana karena Asusila

Meski demikian, Mahfud menegaskan dirinya tidak berikan dukungan terhadap Anies. Namun, Denny sepenuhnya memiliki hak untuk mendukung Anies di Pilpres 2024 mendatang.

Mahfud bilang, sikap dukungan Denny ke Anies akan dijamin sepenuhnya.

"Tapi, saya nggak dukung Anies. Tapi, hak Anda (Denny) untuk mencalonkan Anies saya jamin sepenuhnya. Tidak akan ada yang menghalangi," pungkasnya.

Sebelumnya, Nasdem resmi mengusung eks Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai bakal capres 2024. Deklarasi Nasdem itu langsung diumumkan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh pada Senin, 3 Oktober 2022.

Dalam deklarasi itu, Paloh menejelaskan alasan pihaknya mendukung Anies sebagai bakal capres. Salah satunya karena Anies sebagai figur terbaik.

"Yang dicari Nasdem adalah yang terbaik daripada yang terbaik, inilah akhir Nasdem memilih seorang sosok Anies Baswedan," ujar Paloh di Nasdem Tower.

Safari politik Anies Baswedan bersama Partai Nasdem.

Photo :
  • Partai Nasdem

Anies saat itu ditemui di lokasi, mengatakan dirinya menerima keputusan Nasdem yang mengusungnya menjadi capres 2024. 

"Bang Surya Paloh yang saya amat hormati, seluruh keluarga besar Nasdem yang saya banggakan, bismillah, kami terima," ujar Anies.

Anies juga menyampaikan dirinya siap jalan bersama Partai Nasdem dalam memajukan bangsa Indonesia. Ia mengatakan akan melaksanakan amanat dari Nasdem jika terpilih menjadi Presiden RI 2024 mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya